sign up SIGN UP

LIFE

[Emoji Day] Jangan Sampai Salah Kirim, Ini Makna Emoji yang Sebenarnya!

Tria Oktyana | Rabu, 17 Jul 2019 08:00 WIB
[Emoji Day] Jangan Sampai Salah Kirim, Ini Makna Emoji yang Sebenarnya!
caption
Happy Emoji Day! Yeay, tepat hari ini 17 Juli menjadi perayaan bagi hari emoji. Seperti kita tahu, Ladies emoji sukses memberikan warna dalam komunikasi di dunia maya. Sayangnya, dalam penggunaan emoji masih banyak orang yang salah memaknai arti dalam simbol lucu tersebut. Untuk menyambut hari emoji dunia, cari tahu semua fakta tentang emoji di sini yuk!

Apa itu Emoji Day?


Emoji day adalah hari peringatan simbol lucu yang selalu menemani kita dalam berkomunikasi di dunia maya. Hari peringatan ini jatuh setiap 17 juli. Walaupun emoji day bukan merupakan hari peringatan wajib, tetapi banyak penggemarnya merayakan dengan menenpelkan hiasan emoji di setiap tempat. 

Jeremy Burge adalah orang mencetuskan hari peringatan ini sebagai world emoji day. Burge sendiri  merupakan pendiri dari Emojipedia. Suatu lembaga yang menciptakan situs khusus tentang definisi, perkembangan, perubahan, pertambahan, dan segala hal terkait emoji. 


Foto: https://id.pinterest.com/isadorabarros/

Sejarah Emoji


Orang yang pertama kali menggunakan gambar ekspesi lucu ini adalah Shigetaka Kurita pada 1999. Warga kebangsaan Jepang ini menggunakan emoji dalam persiapan pembuatan sistem mobile internet NTT Docomo. Tetapi baru di 2011 lah, emoji di adopsi menjadi penyampai ekspresi dalam dunia maya.


Foto: https://id.pinterest.com/caosarrumado/

Salah Kaprah Pengertian Emoji


Sampai saat ini emoji yang digunakan dalam percakapan dunia maya kurang lebih mencapai 3000 gambar resmi. Hampir semua percakapan dalam media sosial menyertakan emoji. Emoji yang paling sering digunakan adalah yang menggambarkan kesedihan ataupun kebahagiannya. Tetapi dalam penyampaiannya seringkali banyak orang salah memaknai arti dari emoji tersebut. 



Foto: https://id.pinterest.com/foodflowersandfestivities/

Misalnya, emoji "tired face" yang menunjukan eksperi mata tertarik dan mulut tertarik ke bawah selalu diartikan menunjukan kekecewaan. Sebenarnya emoji ini memiliki arti perasaan lelah yang kamu rasakan setelah melakukan aktivitas yang dilakukan.


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Dalam menunjukan kekecewaan sebenarnya kamu dapat menggunakan emoji "Disappointed but Relieved Face". Tetapi dalam penggunaannya banyak orang mengartikan emoji ini sebagai ekspresi heran. 


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Saat kamu ingin menunjukan ekspresi kejahilaan ataupun ketahuan melakukan sesuatu pasti emoji "Face Savouring Delicious Food" ini akan keluar. Sama halnya dengan namannya emoji ini tidak berkaitan dengan kejahilaan ataupun keusialan, tetapi menyatakan kamu ingin memakan sesuatu. Jauh banget iya salah pahamnnya?


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Sering juga orang salah mengartikan emoji "smiling face with smiling eyes". Emoji menggemaskan dengan mata imut dan pipi kemerahan ini sering diartikan malu. Arti sesungguhnya emoji ini adalah menunjukan perasaan bahagia kepada seseorang yang dekat denganmu. Masih saling berhubungan juga sih yah. 


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Apa sih yang pertama kali kamu lihat dari emoji satu ini? Banyak orang mengartikan emoji ini sangat berbeda dari sebenarnya. Emoji dengan mulut manyun ini banyak diartikan sebagai cemberut ataupun bersiul. Arti sesungguhnya emoji "kissing face" ini adalah ingin mencium orang yang menjadi lawan bicara. Namannya juga "kissing face", ya enggak?


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Emoji "expressionless face" yang menunjukan wajah datar dengan mata dan bibir garis. Emoji ini memiliki arti "no commen", tetapi bukan dalam penggunaan netral. Tetapi lebih menunjukan ketidaksukaan. 


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Emoji "pouting face" selalu dimaknai dengan kemarahan besar. Enggak salah juga sih, tapi emoji untuk rasa marah adalah "angry face". Emoji "pounting face" sendiri untuk menunjukan kekesalan, ketidaksukaan ataupun kamu sedang cemberut.


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Saat kita ingin menunjukan rasa sakit, kita sering menggunakan emoji dengan muka tertarik ke tengah dan mulut tertarik kebawah atau emoji "persevering face". Penyampayan eksperi itu tidak sesuai dengan makna dari emoji symbol "persevering face" yang menunjukan perasaan pasrah dan ingin menangis. 


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Emoji ketakutan atau "face screaming in fear" ini terinspirasi dari film horor Scream. Sesuai namannya emoji ini menunjukan ketakutan yang sangat sampai kamu tidak dapat berteriak keluar. Dalam penggunaannya banyak yang mengartikan emoji ini sebagai bentuk keterkejutan saat mendapat sesuatu. 


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Emoji Iphone yang menunjukan tangan bersembah selalu diartikan dengan sedang berdoa. Padahal maknanya jauh dari berdoa ataupun pasrah. Emoji symbol ini menunjukan kita sedang menyatakan setuju ataupun "deal" dengan lawan berbicara. Emoji ini menunjukan dua tangan yang sedang bertepuk. Satu tangan lawan bicara, satunya lagi yang mengajak berbicara.


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/

Banyak yang bingung membedakan emoji "snoring face" dengan emoji "sleep". Keduannya menggambarkan eksperesi tidur yang satu dengan balon di hidung yang satunya dengan "zzz". Arti sebenarnya emoji simbol "snoring face" bukan sedang tertidur tetapi merasa bosan sampai rasannya yang ingin tidur. Gimana kamu adalah salah satu pengguna yang juga salah mengartikan emoji ini? Dalam percakapan dunia maya kesalahpahaman arti tidak hanya terjadi saat menggunakan emoji keyboard ataupun emoji ekspersi tetapi juga dalam percakapan tulisan. 


Foto: https://id.pinterest.com/emojiisland/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id