sign up SIGN UP

LIFE

[Emoji Day] Sering Pakai Emoji Saat Chatting Sama Gebetan? Cari Tahu Dulu Sejarahnya yuk!

Budi Panjaita | Rabu, 17 Jul 2019 07:10 WIB
[Emoji Day] Sering Pakai Emoji Saat Chatting Sama Gebetan? Cari Tahu Dulu Sejarahnya yuk!
caption
Hari emoji sedunia atau world emoji day diperingati setiap 17 Juli. Meski demikian,world emoji day, bukanlah hari libur resmi. Meskipun begitu, banyak cerita yang terdapat di dalamnya. Untuk merayakan hari ini, cari tahu dulu asal-usul emoji kenapa bisa memberi warna dalam komunikasi di dunia maya kita. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Sejarah Emoji Day


Foto: https://www.axios.com/the-decision-making-behind-emoji-1513306523-b07c6464-25e0-427a-9cd1-ecc8c8581c81.html
World emoji day merupakan gagasan Jeremy Burge yang tercipta sejak 2014 lalu. Jeramy Burge sendiri merupakan pendiri dari Emojipedia yang menjadi salah satu lembaga yang menciptakan situs mengenai definisi, perubahan, perkembangan, pertambahan, serta hal-hal yang terkait emoji. 

The New York Times juga melaporkan bahwa Burge menciptakan emoji day ini pada 17 Juli. Oleh sebab itulah tanggal 17 Juli selalu diperingati sebagai emoji day. Ternyata, untuk hari emoji dunia yang pertama, Burge menyatakan bahwa tidak ada rencana formal yang akan diberlakukan selain memilih tanggal. Hingga pada 17 Juli 2018, Washington menyarankan kepada para pembaca agar menggunakan emoji untuk berkomunikasi. World emoji day  juga sempat menjadi trending pada 2015 di Twitter.

Siapa Sih Pembuat Emoji




Foto: https://www.theguardian.com/technology/2016/oct/27/emoji-inventor-shigetaka-kurita-moma-new-york-text
Emoji ini terlahir dari tangan seorang desainer Shigetaka Gurita ketika memutuskan untuk membuat informasi visual menjadi lebih efektif dengan cara mengembangkan pictogram di 1999 lalu. Setelah itu emoji diadopsi oleh Apple untuk operasinya yaitu OS X 10.7 Lion pada 2011. 

Kenapa Bisa Ada World Emoji Day?




Foto: https://tech2.org/argentina/to-celebrate-why-today-is-world-emoji-day/
Alasan adanya world emoji day ini ternyata sangat sederhana. Burge menilai bahwa emoji tidak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Sedangkan terkait dengan pemilihan tanggal yakni 17 Juli, dikarenakan tanggal itu terlihat hampir di semua emoji kalender dan pertama kali muncul di iOS. Akhirnya dipilihlah 17 Juli sebagai hari emoji dunia.

Emoji Apa yang Paling Banyak Dipakai




Foto: https://indicoll.co.uk/news/111/happy-world-emoji-day
Berdasarkan update-an twitter yang telah melakukan analisis terhadap pengguna yang memakai emoji di Indonesia, terhitung sejak 1 Juli 2017 sampai 30 Juni 2018, ternyata emoji tangis bahagia menjadi emoji paling banyak digunakan. Sedangkan untuk urutan kedua dan ketiga, masing-masing ditempati oleh emoji menangis dan juga emoji jatuh cinta.

Berapa sih Jumlah Emoji yang Digunakan Tiap Harinya




Foto: https://onemega.com/apple-release-new-emojis-soon/
Berdasarkan data dari Facebook, ternyata ada sekitar 60 juta emoji digunakan setiap harinya di akun media sosial Facebook dan lebih dari 5 miliar digunakan di Facebook Messenger. Jumlah ini juga belum lagi  terhitung di aplikasi perbincangan digital seperti WhatsApp dan lain sebagainya. 

Nah, untuk kamu yang suka menggunakan emoji di keseharian hari cari tahu dulu. Apakah makna emoji tersebut sama dengan yang kamu maksud atau tidak. Agar tidak salah, klik di sini ya!



(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id