sign up SIGN UP

4 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Muslim Friendly ala Kimbab Family

Raudiya Nurfadilah H | Sabtu, 11 Sep 2021 06:15 WIB
4 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Muslim Friendly ala Kimbab Family
Tempat wisata di korea selatan yang muslim friendly ala kimbab family/ Foto: Instagram/ @kimbabfamily.official

Korea selatan memang nggak ada habisnya untuk dibahas, mulai dari K-Pop, K-drama, K-Food, skincare, fashion, hingga tempat wisata. Bagi wisatawan muslim sepertinya tidak mudah untuk menemukan makanan halal, tempat untuk beribadah atau mushola, karena di Korea Selatan agama Islam masih menjadi minoritas.

Namun jangan khawatir Beauties, karena saat ini Korea Selatan mulai membangun destinasi wisata yang muslim friendly. Melalui kanal Youtube Kimbab Family dan bekerja sama dengan Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta merekomendasikan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan muslim. Berikut ini di antaranya.

Istana Deoksugung

Kimbab family di Istana Deoksugung
Kimbab family di Istana Deoksugung/ Foto: Instagram/ @Kimbabfamily.official

Tempat pertama yang bisa dikunjungi wisatawan muslim yakni Istana deoksugung. Mengutip laman Korea to Do, tempat tersebut adalah istana terkecil dari lima istana yang ada di Seoul dan merupakan kediaman terakhir Raja Gojong, raja terakhir dari Dinasti Joseon dan kaisar pertama Korea.

Istana Doeksugung selalu dibuka setiap Selasa – Minggu pada pukul 09.00 – 21.00 waktu Korea.

“Kalau ke sini pakai baju hanbok gratis masuk, kalau nggak pakai hanbok, dewasa (bayar tiket) 1.000 won (Rp12.300) dan anak-anak 500 won (Rp6.200),” ujar Gina, ibu dari Kimbab Family.

Selain berkeliling, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh yang tersedia di dalam kawasan istana, melihat upacara pergantian pengawal kerajaan setiap pukul 11.00, 14.00, dan 15.00 waktu Korea, kemudian terdapat bangunan unik bergaya barat yakni Aula Seokjojeon dan Aula Jeonggwanheon yang dirancang oleh arsitek Rusia.

Restoran Osegyehyang

Restoran Osegyehyang menyediakan makanan halal
Restoran Osegyehyang menyediakan makanan halal/ Foto: Instagram/ @kimbabfamily.official

Setelah berkeliling Istana Deoksugung, Kimbab Family mengajak ke sebuah restoran yang tak jauh dari istana yakni ke Restoran Osegyehyang yang berada di Insadong. Di restoran tersebut disediakan makanan vegetarian dan minuman yang pastinya ramah muslim, sehingga Beauties yang mau jalan-jalan ke Korea Selatan tidak perlu khawatir akan kehalalan menunya.

Bangungan Restoran Osegyehyang banyak terbuat dari kayu dan makan secara lesehan, maka nuansa Korea zaman dulu sangat kental terasa.

COEX Mall

COEX Mall, tempat yang instagramable
COEX Mall, tempat yang instagramable/ Foto: Instagram/ @kimbabfamily.official

Tempat ketiga yang direkomendasikan Kimbab Family yakni COEX Mall, pastinya tempat ini tidak asing bagi wisatawan. Karena menurut laman Arcadata, tempat tersebut berada di kawasan bisnis Gangnam, Seoul dan merupakan pusat perbelanjaan bawah tanah terbesar di Asia, sehingga sangat mudah didatangi oleh wisatawan dan menjadi tempat yang instagramable.

“Tempat ini cocok banget untuk foto-foto, keren banget,” ujar Gina.

Starfield COEX memiliki luas 28.000 m² yang tersebar di dua lantai, dilengkapi dengan 4 rak buku setinggi 13 meter dan menampung 50.000 buku dan lebih dari 600.000 majalah serta jurnal. Bukan hanya perpustakaan, di tempat tersebut tersedia mushola bagi wisatawan muslim yang akan melaksanakan sholat.

"Untuk perempuan ada mukena, sejadah, lalu ada Al-Quran, petunjuk arah kiblat, ada jam petunjuk waktu,” kata Gina.

Restoran Yang Good

Makanan halal di korea selatan mengusung konsep barbeque
Makanan halal di korea selatan mengusung konsep barbeque/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Restoran yang didatangi Keluarga Kimbab bernama Yang Good, di tempat tersebut menyediakan makanan Korea yang halal seperti daging kambing, ayam, dan berbagai macam sup yang mengusung konsep memanggang atau barbeque. Letaknya tak jauh dari COEX Mall dan hanya membutuhkan waktu 10 menit menggunakan kendaraan bermobil, sehingga cukup singkat waktu yang ditempuh.

Yang Good menggunakan daging yang diimpor dari Australia dan telah bersertifikat halal, buka mulai dari Senin – Sabtu pukul 16.00 – 23.30.

Itulah beberapa tempat wisata di Korea Selatan yang muslim friendly. Beauties nggak perlu khawatir lagi memikirkan kehalalan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi serta tidak bingung mencari tempat ibadah.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id