sign up SIGN UP

LIFE

4 Tips Penting untuk Memelihara Si Mungil Marmut

Meiskhe F | Rabu, 28 Jun 2017 11:30 WIB
4 Tips Penting untuk Memelihara Si Mungil Marmut
caption
Marmut adalah hewan pengerat yang ukurannya lebih kecil dari kelinci. Banyak orang yang suka memeliharanya karena lucu, menggemaskan dan warnya yang menarik. Sama halnya dengan kelinci, memelihara marmut juga butuh kesabaran dan telaten. Buat Beautynesian yang berniat merawat hewan mungil ini, perhatikan dulu tips memelihara marmut berikut ini!

1) Siapkan Kandang yang Nyaman dan Bersih


Sebaiknya pelihara marmut di luar rumah, tapi buat kandangnya senyaman mungkin dan teduh, tidak terkena terik matahari dan hujan. Marmut sangat aktif dan lincah, jadi siapkan kandang yang luas ya, ladies. Kandang juga harus punya ventilasi biar udara bersikulasi dengan baik. Selain itu, perhatikan kebersihan kandang! Jangan sampai lembap dan kotoran menumpuk sehingga menimbulkan penyakit.


Foto: https://yuanpp.blogspot.co.id/2014/03/macam-macam-kandang-marmut-guinea-pig.html


 


2) Perhatikan Makanan dan Minumannya


Tips memelihara marmut yang kedua adalah kamu harus memberikan makanan yang tepat. Sama seperti kelinci, makanan marmut adalah rumput seperti rumput hay. Kamu juga bisa memberikannya sayuran hijau tapi jangan terlalu sering agar tidak mengalami diare. Buah mengandung vitamin C juga sangat penting diberikan, karena marmut tidak menghasilkan vitamin ini. Selain itu, perhatikan wadar air minumnya selalu terisi penuh.



Foto: https://www.bisnisborneo.com/2015/01/bisnis-budidaya-marmut-menguntungkan.html


 


3) Pelihara Lebih dari Satu Marmut


Karena marmut adalah hewan sosial dan sangat aktif, maka beautynesia.id menyarankan kamu memelihara lebih dari satu marmut di dalam kandang yang sama. Dengan begitu, marmut peliharaanmu tidak kesepian karena punya teman dalam kandang.


Foto: https://www.nangimam.com/2014/07/ternak-marmut-dengan-mudah.html


 


4) Perawatan Bulu dan Kuku Marmut


Marmut juga butuh grooming session lho. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu memandikannya dengan air suam-suam kuku. Ingat, mandikan marmut kalau hanya dalam kondisi sehat saja. Kalau kamu enggak sempat memandikannya, cukup bersihkan bulunya dengan kain atau sikat lembut. Kuku marmut yang panjang juga perlu digunting agar bersih dan tidak melukai dirinya sendiri.


Foto: https://id.wikihow.com/Memandikan-Marmut

Semoga tips memelihara marmut ini bermanfaat yah!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id