sign up SIGN UP

LIFE

5 Fakta Utama Pernikahan Korea, Sama Seperti di Drama?

Henny Alifah | Senin, 11 May 2020 16:00 WIB
5 Fakta Utama Pernikahan Korea, Sama Seperti di Drama?
caption
Drama Korea cukup sering memanjakan penonton dengan memberikan adegan manis pernikahan, baik itu berupa nikah kontrak yang kikuk tapi berakhir bahagia maupun pernikahan sepasang kekasih yang penuh haru-biru setelah melewati berbagai ujian cinta. Namun, apakah pernikahan Korea dalam drama sudah cukup menggambarkan realita di kenyataan? Cek faktanya di sini, yuk!

1. Lamaran dan cincin pertunangan tak selalu seperti drama


Foto: Istimewa
image source: soompi.com

Dalam drama, sering terlihat adegan sang pria melamar kekasihnya dengan bertekuk lutut, membawa buket bunga besar, serta tak lupa cincin pertunangan yang berkilau. Dan tentu saja lamaran itu dilakukan jauh hari sebelum tanggal pernikahan ditentukan. Pada kenyataannya, fakta pernikahan Korea tak melulu seperti demikian.

Dilansir dari Soompi, topik pernikahan biasanya adalah sesuatu yang diputuskan dan direncanakan bersama oleh sepasang kekasih. Jadi, kalaupun mereka melakukan proses lamaran, biasanya itu dilakukan setelah keduanya setuju menikah. Ini juga berarti bahwa lamaran di Korea seringkali dilakukan saat tanggal pernikahan telah ditetapkan, gaun pengantin sudah didapatkan, dan undangan pernikahan sudah disebar sebagaimana yang disebutkan oleh YouTuber Simply SSOL.

Cincin pertunangan atau cincin kawin pun sebenarnya bukan hal yang lumrah di Korea, hanya saja kini beberapa generasi muda mulai menerapkan kebiasaan itu. Sementara mereka yang lebih tua cenderung tidak memiliki cincin kawin sama sekali.
 


2. Bertemu calon mertua


Foto: Istimewa
image source: dramabeans.com

Pernikahan bukan hanya menyatukan dua orang saja, melainkan dua keluarga. Paham inilah yang banyak dianut masyarakat Korea. Karena itu, pertemuan kedua keluarga merupakan tanda seriusnya hubungan sepasang kekasih. Mereka biasanya bertemu privat di sebuah restoran. Kedua keluarga kemungkinan besar telah melakukan penyelidikan satu sama lain sebelumnya, jadi jika mereka sepakat untuk bertemu maka itu pertanda baik. Dengan kata lain, pertikaian keluarga seperti dalam K-Drama sebenarnya jarang terjadi.

Sebelum kedua keluarga bertemu satu sama lain, pasangan tersebut harus bertemu secara pribadi dengan orang tua masing-masing. Ini seperti meminta restu. Saat pasangan memperkenalkan kekasihnya pada orangtua, maka hampir bisa dipastikan ia sudah siap melaju ke jenjang pernikahan. Dan tak bisa dipungkiri, bisa saja ada ketidakcocokan antara calon mertua dengan calon menantu yang menyebabkan kandasnya hubungan.
 


5. Tradisi memberi hadiah


Foto: Istimewa
image source: kpop.asiachan.com

Fakta pernikahan Korea yang ini bisa dibilang sangat khas. Dalam budaya Korea, menantu biasanya punya kewajiban untuk memberi hadiah uang tunai kepada mertua, yang besaran persentasenya bisa disesuaikan dengan nilai rumah barunya. Sang menantu juga biasanya membeli hadiah yang bagus untuk orang tua, misalnya tas mewah untuk ibu mertua. Sementara itu, hadiah dari para tamu undangan bagi kedua mempelai kebanyakan berupa uang tunai, bukan kado dalam bentuk barang.

Itu tadi lima fakta pernikahan Korea. Adakah di antaranya yang sudah kamu tahu?
 



(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id