sign up SIGN UP

LIFE

5 Langkah Membuat CV Lebih Berkesan & Menarik

Ratri | Jumat, 10 Jul 2015 01:30 WIB
5 Langkah Membuat CV Lebih Berkesan & Menarik
caption
Curriculum Vitae atau biasa disingkat CV adalah salah satu hal penting ketika melamar kerja. Sebaiknya Minasan tidak menganggap remeh hal ini. CV adalah awal bagaimana sebuah perusahaan memandang Minasan. Jika CV Minasan menarik tentu akan dipanggil untuk interview. Namun, jika CV yang Minasan buat biasa-biasa saja, maka lewat sudah. Nah, agar CV Minasan dilirik oleh perusahaan, berikut 5 tipsnya.

Membuat Format CV Baru


Contoh format CV yang menarik sudah banyak tersedia di google. Minasan cukup mencari template CV yang menarik dan profesional kemudian menirunya, atau Minasan juga bisa berkreasi dengan CV buatan sendiri. Tak masalah jika Minasan ingin berkreasi dengan bentuk CV, asalkan tetap terlihat profesional dan mudah untuk dibaca.
Foto: https://indonekita.wordpress.com/2013/07/14/6-tips-membuat-cv-lebih-berkesan-dan-menarik/

Pilih Huruf yang Tepat


Ternyata huruf yang digunakan saat menulis CV bisa mempengaruhi kesan perusahaan terhadap CV Minsan. Menurut Brian Hoff, direktur kreatif Brian Hoff Design, jenis huruf Helvetica cocok untuk membuat CV agar terlihat menarik. Mengapa demikian? Karena huruf ini terkesan profesional, jujur, dan ringan.
Foto: https://superblogpedia.blogspot.com/2013/03/contoh-daftar-riwayat-hidup-curriculum-vitae-cv.html

Hindari Menulis Opini


Hindari menulis opini apapun, terlebih opini negatif mengenai perusahaan. Jika memang harus menuliskan opini, tulislah opini positif yang menunjukkan bahwa Minasan berminat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.
Foto: https://tipskarir.com/5-konsep-untuk-membuat-cv-yang-diterima-baik-perusahaan/

Gunakan Foto Terbaru


Sertakan foto Minasan yang berwarna dan terbaru. Foto berguna untuk memudahkan perusahaan menganalisa Minasan ketika membaca CV. Jadi, tunjukkan foto yang profesional dan jangan lupa tersenyum, ya.
Foto: https://indonekita.wordpress.com/2013/07/14/6-tips-membuat-cv-lebih-berkesan-dan-menarik/

Jangan Terlalu Percaya Diri


Jadilah seseorang yang terkesan low profile. Meski Minasan memiliki kualitas tinggi, hindari untuk terlalu percaya diri dalam menjelaskan diri. Hal ini akan membuat Minasan terkesan jual mahal, dan bisa-bisa perusahaan akan menganggap Minasan terlalu berlebihan.
Foto: https://wolipop.detik.com/read/2011/07/18/131215/1683395/1133/4-kesalahan-umum-dalam-membuat-cv
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id