sign up SIGN UP

LIFE

5 Rahasia Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Jogging

Agatha Kharisma | Rabu, 31 May 2017 02:00 WIB
5 Rahasia Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Jogging
caption
Perlu kamu ketahui bahwa memilih sepatu jogging yang tepat tidak hanya berhenti pada ukuran yang tepat. Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda, sehingga kamu benar-benar memerlukan sepatu yang mendukung bentuk telapak kakimu untuk menghindari cedera. Jangan samakan sepatu jogging dengan sepatu sehari-hari, karena ukuran dan bentuk yang dibutuhkan dapat berbeda.


 


Ukuran Yang Pas


Dalam sepatu jogging yang tepat, bagian tumitmu harusnya muat tanpa terasa sempit. Ketika simpul sepatu dibuka, kamu dapat melepas sepatu dengan mudah. Ketika berlari, ada sedikit pergerakan di bagian tumit, sehingga tidak boleh terlalu longgar maupun terlalu sempit.

Ketika berlari, kaki akan sedikit membengkak dan bertambah panjang. Pastikan ada jarak sekitar satu sentimeter antara ujung kaki dengan ujung bagian dalam sepatu, dan seluruh jemari kaki memiliki ruang untuk bergerak. Tips memilih sepatu untuk jogging yang satu ini akan mencegah cedera kaki ketika berolahraga.


Foto: https://shoes.myventures.info/how-should-a-running-shoe-fit/


 


Teknik Mengikat Tali Yang Pas


Sama halnya dengan bagian atas sepatu. Apabila kamu merasa ikatan tali terlalu kencang, mungkin sebaiknya kamu melonggarkan tali atau memilih sepatu dengan ukuran lebih besar. Apabila terasa sempit sedikit saja, sepatu itu akan semakin tidak nyaman ketika kamu gunakan untuk berlari.
 


Foto: https://www.pinterest.com/pin/218354281912231944/


 


Cek Fleksibilitas Sepatu


Jangan lupa untuk memeriksa fleksibilitas sepatu. Caranya, pegang bagian tumit sepatu, kemudian tekan ujung sepatu ke lantai. Perhatikan apakah sepatu itu menekuk di bagian yang sama ketika kaki kita sedang dalam posisi berjinjit.

Kalau lekukan sepatu tidak mengikuti lekukan kaki kita, maka sepatu tersebut dapat menyebabkan sakit pada kaki atau plantar fasciitis. Sementara itu, sepatu yang kurang fleksibel dapat menyebabkan cedera otot betis. 
 


Foto: https://www.fix.com/blog/perfect-running-shoe-boston-marathon-winner-advice/


 


Hindari Kesalahan Berikut Ini


Jangan sampai memilih sepatu jogging hanya berdasarkan penampilannya ya, Beautynesian. Pasalnya, desain sepatu yang menarik untuk dilihat belum tentu berarti sepatu tersebut akan terasa nyaman digunakan. Ditambah lagi, karena bentuk kaki setiap orang nggak sama, maka sepatu jogging yang tepat untuk sahabatmu belum tentu pas di kakimu.


Foto: https://well.blogs.nytimes.com/2015/08/05/choosing-the-right-running-shoes/?_r=0


 


Tes Kenyamanan Sepatu


Tips memilih sepatu untuk jogging yang paling penting adalah dengan mencobanya secara langsung. Memilih berdasarkan ukuran dan fitting belaka tak cukup untuk memastikan sepatu akan terasa nyaman. Kenyamanan sepatu hanya dapat dibuktikan lewat tes langsung. Pinjamlah kedua pasang sepatu, lalu coba berlari-lari kecil di dalam toko. Kamu pasti dapat merasakan apakah sepatu tersebut benar-benar nyaman untuk jogging. Ingat, sepatu yang tepat harus sesuai dengan bentuk dan dinamika kakimu, Beautynesian.


Foto: https://balancingtoday.com/back-to-basics-running-shoes/



 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id