sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Kurangi Kecanduan Smartphone

Mellisa | Senin, 06 Apr 2015 05:00 WIB
5 Tips Kurangi Kecanduan Smartphone
caption
Sudah berapa kali kamu mengecek layar smartphone hari ini? Kecanduan smartphone bisa jadi masalah yang serius jika tidak segera diatasi. Hal ini juga dapat menyebabkan berkurangnya waktu sosialisasi dengan orang-orang di sekitar kita. Ayo kurangi waktu penggunaan smartphone! Berikut ada beberapa cara mudah yang mungkin bisa kamu terapkan.

1. Matikan notifikasi!


Hanya karena satu notifikasi yang muncul dari media sosial, kamu bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam memandangi layar smartphone. Hal ini memang sering terjadi dan tidak sedikit pula yang tenggelam di dunia maya setelah membuka satu notifikasi yang muncul di layar smartphone. Untuk meminimalisir kejadian ini lebih baik kamu matikan notifikasi yang tidak terlalu penting. Kamu juga bisa ubah pengaturan smartphone ke dalam silent mode untuk menghindari godaan membuka notifikasi setiap kali smartphone berdering.
Foto: https://publ.com/blog/2014/10/06/8-important-reasons-why-your-mobile-customers-might-hate-your-app-at-first-use/#.VQFD8vmsV4Y
Bukan hanya aktivitasmu yang terganggu, penggunaan notifikasi yang terlalu banyak dapat menguras baterai smartphone.
Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi notifikasi smartphone.

2. Cari Tahu Berapa Banyak Waktu


Para gadget addict atau mereka yang tidak bisa jauh dari smartphone pasti akan terkejut jika mengetahui jumlah jam yang mereka habiskan untuk penggunaan smartphone. Tetapi dengan mengetahui waktu yang telah kita gunakan untuk smartphone, bisa menyadarkan kita untuk mengurangi penggunaannya. Kini semakin banyak aplikasi yang menawarkan beragam kemudahan, termasuk menghitung jumlah pemakaian smartphone per hari.
Untuk para pengguna iPhone, kamu bisa coba aplikasi Moment.
Foto: https://itunes.apple.com/gb/app/moment-track-how-much-you/id771541926?mt=8
Bagi pengguna Android, kalian bisa gunakan aplikasi Quality Time. Aplikasi yang satu ini juga bisa membantu untuk memonitor aktivitas penggunaan smartphone.
Foto: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zerodesktop.appdetox.qualitytime&hl=en

3. Tentukan Jam Bebas Smarphone


Kita tidak mungkin berada di depan layar smartphone seharian penuh, kan? Kamu tidak memerlukan smartphone saat sedang makan, nonton televisi, atau pun saat ke kamar mandi.
Foto: https://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/keep-calm-and-put-your-phone-away-2/
Buatlah jam bebas smartphone setiap harinya, atur jadwal bebas smartphone di saat kamu sedang sibuk melakukan pekerjaan lain. Bagi kamu yang susah untuk memulainya, kamu bisa coba untuk ubah pengaturan smartphone menjadi Airplane Mode. Tanpa notifikasi yang muncul kamu bisa lebih fokus melakukan pekerjaan lain, dan waktu bersosialiasi dengan keluarga atau teman juga semakin bertambah.
Banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa smartphone. Let's be more productive!

[Gambas:Youtube]

4. Jangan Gunakan Sebagai Alarm


Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang memilih smartphone daripada jam weker untuk alarm di pagi hari. Namun sebenarnya akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan smartphone untuk alarm. Hal ini membuatmu semakin tidak dapat menjauh dari kecanduan smartphone. Sebelum tidur pasti kamu akan mengecek timeline atau bahkan update status di media sosial. Begitu juga di pagi hari, barang yang pertama kali kamu tatap pasti smartphone yang berada di sampingmu.
Foto: https://www.huffingtonpost.co.uk/2014/03/11/mobile-phone-bedroom-risks_n_4940199.html
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tidur berada di dekat smartphone memberikan dampak negatif.
Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda harus merasa aman dan tidak mengkhawatirkan tentang hal apapun. Dengan adanya ponsel di dekat Anda pada saat malam hari, alam bawah sadar Anda mengatakan bahwa Anda ingin melihat ponsel tersebut. Otak akan memantau situasi tersebut sehingga tidur Anda kurang nyenyak atau bahkan terganggu. - Dr Neil Stanley.https://www.huffingtonpost.co.uk/2014/03/11/mobile-phone-bedroom-risks_n_4940199.html

5. Berlatih 'tech breaks'!


Ada lagi satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecanduanmu terhadap smartphone, yaitu dengan 'tech breaks'. Latihan ini bertujuan untuk melatih ketahananmu untuk tidak mengecek layar smartphone selama 15 menit sekali.
Foto: https://www.popphoto.com/gear/2013/08/kickstart-tiny-lens-to-turn-your-smartphone-microscope
Hal pertama yang kamu lakukan adalah cek segala bentuk komunikasi yang ada di smartphone termasuk SMS, telepon, dan media sosial selama satu menit. Matikan smartphone, pasang alarm selama 15 menit, dan taruh smartphone dalam keadaan terbalik. Posisi smartphone yang terbalik akan mengingatkan otak untuk tidak melepaskan stres serta kecemasan akan adanya sesuatu yang terlewatkan saat tidak mengecek smartphone. Setelah alarm berbunyi, nyalakan smartphone, cek kembali selama satu menit. Lakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang sampai kamu merasa terbiasa untuk tidak mengecek smartphone setiap saat. Tingkatkan waktu 'tech breaks' selama 5 menit setiap minggunya maka kamu akan terbiasa untuk tidak mengecek smartphone selama 1 jam atau bahkan lebih.
Mungkin wallpaper juga bisa membantu menyadarkanmu bahwa smartphone bukanlah segalanya.
Foto: https://www.fastcoexist.com/3043332/could-these-simple-phone-backgrounds-be-what-finally-breaks-your-phone-addiction#1
Foto: https://www.fastcoexist.com/3043332/could-these-simple-phone-backgrounds-be-what-finally-breaks-your-phone-addiction#3
Jangan biarkan gadget menyita waktumu. Semoga tips-tips di atas dapat membantu!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id