sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Packing Paling Efisien untuk Persiapan Mudik Lebaran 2019

Resti Agustiani | Sabtu, 01 Jun 2019 02:00 WIB
5 Tips Packing Paling Efisien untuk Persiapan Mudik Lebaran 2019
caption
Libur Lebaran 2019, tinggal menghitung hari lagi Ladies. Di mana banyak orang memilih utuk merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Berbagai persiapan perlu dilakukan, seperti packing barang bawaan. Berikut 5 tips packing untuk persiapan mudik Lebaran.

1. Siapkan Daftar Barang yang akan Dibawa


Hal pertama yang perlu disiapkan adalah menyiapkan daftar barang bawaan yang akan kamu bawa ketika mudik. Buat semacam tabel sederhana dengan kolom checklist. Kolom checklist inilah yang nanti diisi ketika kamu memasukkan setiap barang ke dalam koper atau tas, sehingga dipastikan tidak ada yang tertinggal.

Daftar ini juga bisa kamu pakai waktu kembali lagi ke tanah rantau, memastikan tidak ada barang penting yang tertinggal di kampung halaman. Pastikan barang yang kamu tulis adalah benar dibutuhkan. Jangan membawa barang yang mudah didapat atau bisa dipinjam di tempat tujuan. Buatlah daftar barang dengan bijak, ya.


Foto: Istimewa

Mempraktikkan Teknik Melipat Pakaian Hemat Ruang


Pakaian merupakan barang yang sudah pasti masuk ke dalam daftar. Pertimbangkan jumlah pakaian dengan memperhatikan lama waktumu di kampung halaman. Selanjutnya, lipat pakaian yang perlu dibawa dengan teknik-teknik inovatif yang hemat ruang. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggulung pakaian.

Eits, tapi ternyata bukan cuma itu caranya. Kamu bisa banget browsing video di internet, karena sekarang ini ada banyak sekali cara melipat pakaian dengan efisien. Tata pakaian dengan padat, ya. Jika masih ada ruang kosong, isi dengan barang-barang berukuran kecil yang bisa mengisi celah tersebut, seperti kaos kaki atau pakaian dalam.


Foto: Istimewa

Membawa Kosmetik Berukuran Mini


Barang wajib lainnya bagi seorang wanita adalah kosmetik dan produk perawatan lainnya. Tak jarang wanita punya produk bermerk tertentu yang memang sudah sangat cocok baginya, sehingga perlu tetap dibawa walaupun di kampung halaman mudah ditemukan produk sejenis. Misalnya, sabun mandi atau shampoo.

Boleh-boleh saja kamu tetap membawa produk perawatan kesayanganmu. Tapi jangan dibawa dalam kemasan utuh, karena akan makan tempat. Kamu bisa membawa kemasan sampel dan traveling pack jika ada atau pindahkan produk perawatanmu ke dalam jar atau tube berukuran mini. Pertimbangkan agar cukup digunakan selama di kampung halaman, ya. Wadah-wadah mini tersebut bisa kamu dapatkan di mal atau online shop.



Foto: Istimewa

Pisahkan Tas untuk Barang Penting


Barang penting yang sering digunakan seperti dompet, charger dan lain sebagainya perlu dipisah dengan koper untuk pakaian. Kamu bisa menyiapkan slingbag kecil agar mudah digunakan. Tips ini penting banget untuk kamu yang mudik dengan kendaraan umum, seperti bus. Dengan memisahkan keduanya, tas pakaian bisa dengan tenang kamu simpan di bagasi kendaraan. Selain itu, tas pakaian yang sudah di-pack rapi tidak akan berantakan lagi, deh!


Foto: Istimewa

Pilih Baju Paling Berat untuk Dipakai


Tips terakhir berguna untuk meringankan beban bawaan kamu. Dari semua pakaian yang akan kamu bawa, pilihlah pakaian yang paling berat atau tebal untuk dipakai ketika mudik. Jadi pakaian tersebut tidak akan memenuhi tas kamu. Selain itu, memakai pakaian tebal memang penting dalam perjalanan, sebab dalam perjalanan tersebut mungkin saja kamu akan mengalami perubahan suhu dan cuaca yang bisa memengaruhi kesehatan.


Foto: Istimewa
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id