sign up SIGN UP

LIFE

6 Hal yang Bisa Bantu Kamu Dapat Pekerjaan Pertama Usai Lulus Kuliah

Henny Alifah | Jumat, 20 Mar 2020 08:30 WIB
6 Hal yang Bisa Bantu Kamu Dapat Pekerjaan Pertama Usai Lulus Kuliah
caption
Tahun terakhir kuliah lebih dari sekadar persiapan wisuda atau pesta perpisahan. Ini juga saatnya bagi mahasiswa senior untuk mempersiapkan fase selanjutnya dalam hidup. Apakah sudah siap menghadapi dunia kerja? Buat kamu mahasiswa tahun akhir, berikut beberapa saran untuk membantu dalam mendapatkan pekerjaan pertama.

1. Optimalkan LinkedIn dan jaringan alumni


Foto: Istimewa
image source: hiredepaul.org

Bisa dibilang, sebanyak 75% orang sekarang bisa dengan mudah melamar pekerjaan secara online. Akan tetapi, paling hanya 2% saja yang lanjut ke tahap wawancara. Untuk meningkatkan kesempatan panggilan kerja sampai mendapatkan pekerjaan pertama, cobalah optimalkan LinkedIn dan jaringan alumni, seperti yang dikatakan oleh Austin Belcak dalam wawancaranya dengan Forbes. Austin Belcak adalah pendiri Cultivated Culture, jasa konsultasi pencarian kerja yang telah membantu orang dipekerjakan di Google, Apple, Amazon, Facebook, Microsoft, hingga Twitter.

Di LinkedIn, gunakan filter pencarian untuk mempersempit ruang lingkup pencarian. Mencari pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanmu? Temukan alumni yang sudah melakukannya. Ingin bekerja di perusahaan tertentu? Temukan alumni yang saat ini bekerja di sana. Dari alumni yang kamu temukan di LinkedIn tersebut, kamu bisa dapatkan saran dan tips fresh graduate terbaik karena mereka telah mencapai apa yang ingin kamu capai.
 


2. Saat 'bertemu' alumni yang kamu cari, jangan jadi junior yang menyebalkan


Foto: Istimewa
image source: liveabout.com

Saat kamu sudah 'menemukan' alumni yang bekerja di tempat kerja yang kamu inginkan, jangan main todong mereka untuk meninjau resume yang kamu buat atau bertanya apakah mereka memiliki lowongan pekerjaan. Sebaliknya, beri tahu bahwa pengalaman mereka menarik bagimu dan kamu ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang jalur karier mereka. Akhirnya, kamu pun nantinya bisa mengobrol lebih lanjut di telepon.

Dalam rangka usaha mendapatkan pekerjaan pertama, beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan pada alumni di antaranya tentang pengalaman mereka, tantangan yang mereka hadapi, inisiatif yang mereka miliki, hingga tujuan pribadi mereka. Austin Belcak menambahkan, sebagai fresh graduate, tunjukkan bahwa kamu antusias tentang industri/perusahaan dan tidak takut untuk bekerja total di sana.
 


5. Saat wawancara, pastikan kamu juga mendapat informasi yang dibutuhkan


Foto: Istimewa
image source: entrepreneur.com

Menerima pekerjaan hanya karena itu ditawarkan kepadamu merupakan salah satu hal terburuk yang kamu lakukan, seperti yang diungkap Austin Belcak. Penting jadi catatan, wawancara kerja adalah jalan dua arah. Selain meneliti pengalamanmu untuk melihat apakah kamu cocok, perusahaan juga menjual diri kepada kamu selama proses tersebut.

Pastikan kamu memiliki semua informasi yang kamu butuhkan untuk membuat keputusan yang baik. Ajukan pertanyaan terbuka kepada setiap pewawancara untuk membantu kamu memahami perusahaan, budaya, dan orang-orang di dalamnya. Beberapa ide pertanyaan untuk kamu di antaranya

        
  • Ceritakan hal tidak terduga sama sekali yang mereka pelajari saat bekerja di perusahaan tersebut
  •     
  • Jika kembali ke waktu setahun yang lalu, apa yang mereka lakukan untuk melebihi semua ekspektasi?
  •     
  • Apa yang paling mereka sukai dari bekerja di perusahaan tersebut?

Saat mendengarkan jawaban mereka, perhatikan perasaanmu. Apapun yang terasa mengganjal atau mengkhawatirkan, sekecil apa pun, kemungkinan akan membesar saat kamu menghabiskan lebih banyak waktu di pekerjaan itu.
 


6. Buat kamu si introvert, terus berlatih dan ciptakan rasa nyaman di luar zona nyaman


Foto: Istimewa
image source: blog.carousell.com

Menjadi 'sosial' adalah keterampilan, karenanya kamu dapat mempelajari dan mempraktikkannya. Bisa dimulai dengan membaca buku seperti 'How To Win Friends & Influence People' yang akan membantu kamu memahami jurus-jurus di balik membangun hubungan.

Selanjutnya, kamu perlu berlatih. Beranikan dirimu untuk keluar dari zona nyaman hingga merasa nyaman membangun jaringan. Apa yang disebut jaringan tidak berarti kamu harus menghadiri rapat dan konferensi lalu menjabat tangan semua orang. Sebaliknya, pilih satu atau dua orang yang benar-benar penting bagimu dan kemudian fokuskan untuk mempererat hubungan dengan mereka.

Hangatkan hubungan dengan menyukai postingan mereka di media sosial, beri komentar yang bijak, atau membahas tulisan dan artikel yang mereka bagikan. Selanjutnya, kamu bisa minta mereka untuk berbicara di telepon untuk percakapan satu lawan satu. Tanyakan kepada mereka tentang tantangan dan ambisi mereka. Hubungan semacam inilah yang akan jadi jaringan kuat bagimu.

Itu tadi enam tips fresh graduate untuk dapatkan pekerjaan pertama. Semoga sukses, ya.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id