sign up SIGN UP

LIFE

6 Makanan Ini Mampu Perlancar Sirkulasi Darah

Zozo | Jumat, 17 Jul 2015 10:00 WIB
6 Makanan Ini Mampu Perlancar Sirkulasi Darah
caption
Setelah makanan dicerna oleh sistem pencernaan, selanjutnya sari-sari makanan ini akan diedarkan ke seluruh tubuh bersama dengan oksigen. Komponen penting yang bertugas melakukannya adalah darah. Sirkulasi darah yang lancar akan mempercepat proses penyaluran dan penyerapan sari-sari makanan di dalam tubuh. Untuk membantu memperlancar proses aliran darah, kamu bisa mengonsumsi bahan makanan berikut.

1. Jeruk


Kandungan vitamin C pada jeruk mampu bertindak sebagai pengencer darah yang alami. Selain itu, jeruk juga dipercaya mampu menguatkan dinding pembuluh darah dan mencegah terbentuknya plak. Plak yang terbentuk pada dinding arteri mampu menghambat proses aliran darah.
Foto: https://www.alfalfa.co.id/kesehatan/cegah-serangan-stroke-sejak-dini-dengan-jus-jeruk/

2. Semangka


Siapa sih yang tak kenal buah yang satu ini. Buah yang sangat segar dinikmati saat suasana terik. Semangka mengandung zat yang disebut likopen. Likopen alaminya bertindak sebagai anti oksidan dalam darah sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah. Rajin-rajin makan buah semangka yuk!
Foto: https://www.iberita.com/30325/yuk-bikin-jus-semangka-dan-dapatkan-manfaat-sehatnya

3. Ikan Salmon


Tak hanya baik untuk otak, asam lemak omega 3 yang terkandung pada ikan salmon mampu memperlancar aliran darah dan sistem kardiovaskular. Wah, selain lezat ikan ini juga sehat ya?
Foto: https://duniafitnes.com/training/turunkan-kolesterol-darah-dengan-konsumsi-salmon.html

4. Cokelat Hitam


Apakah kamu suka cokelat hitam? Tak hanya lezat untuk dijadikan bahan camilan, cokelat hitam mengandung flavonoid yang berguna untuk memperlancar aliran darah. Wah, nyemil sehat nih!
Foto: https://www.npr.org/sections/thesalt/2012/08/14/158761362/daily-dose-of-dark-chocolate-may-help-lower-blood-pressure

5. Bawang


Mungkin sebagian orang tidak menyukai bumbu dapur yang satu ini karena baunya yang sangat menyengat. Perlu diketahui, bawang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya, bawang mampu membersihkan darah dan mencegah terbentuknya plak pada dinding arteri.
Foto: https://www.homeremedyfind.com/20-easy-ways-to-boost-circulation/

6. Alpukat


Tak hanya lezat untuk dijadikan jus, buah yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Selain khasiat vitamin E nya yang sudah terbukti untuk memelihara kecantikan kulit, alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk darah.
Foto: https://www.manfaatbuah.asia/buah/manfaat-buah-alpukat-untuk-kesehatan/
Semoga bermanfaat!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id