sign up SIGN UP

LIFE

7 Tips Untuk Meningkatkan Produktivitas Karier sebagai Freelancer

Volare Amanda | Jumat, 20 Mar 2015 04:17 WIB
7 Tips Untuk Meningkatkan Produktivitas Karier sebagai Freelancer
caption
Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas saat ini makin diminati. Mengapa? Karena pekerja lepas menawarkan keleluasaan dalam bekerja, tidak terikat dalam jam kerja tertentu, atau aturan tertentu. Tapi hati-hati, tanpa perencanaan yang jelas bisa-bisa produktivitas kita sebagai freelancer justru lebih buruk daripada karyawan kantoran, lho. Ini tipsnya:
Tanpa kita sadari, sebagai freelancer kita kira bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan passion kita. Tapi, seringkali kita lupa dengan hal-hal kecil yang jika dibiarkan, ternyata cukup membuat masalah juga, lho.
7 hal ini bisa membantu Minasan untuk meningkatkan produktivitas.

1. Lima menit cek keadaan financial


Pasang timer selama 5 menit, dan lakukan cek keuangan. Cek invoice, cek surat-surat dari bank, cek pemasukan pengeluaran. Sedikit waktu yang Minasan beri tiap hari akan memudahkan kondisi keuangan Minasan di kemudian hari.
Foto: https://www.duniaprofesional.com

2. Buat to-do list


Ambil 2 menit untuk menuliskan to-do list yang harus Minasan lakukan hari itu. Tentukan mana yang harus Minasan lakukan sendiri, dan mana yang bisa Minasan delegasikan ke orang lain.
Foto: https://www.levo.com/articles/lifestyle/4-ways-to-make-a-better-to-do-list

3. Gunakan telepon daripada email


Seringkali menyelesaikan masalah dengan berbicara langsung lebih efektif daripada melalui tulisan.
Foto: https://www.huffingtonpost.com/linda-wolff/land-lines_b_5021326.html

4. Lakukan perengangan


Berdiri, letakkan pensil, mouse, atau apapun, dan lakukan perengangan tubuh selama 5-10 menit. Dengan bergerak membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Foto: https://www.huffingtonpost.com/2013/06/14/stretches-desk-workers-sitting_n_3422679.html

5. Automatisasi pekerjaan


Pekerjaan yang dapat Minasan lakukan secara otomatis seperti menggunakan aplikasi upload otomatis, atau pekerjaan yang dapat Minasan kerjakan menggunakan mesin akan menghemat tenaga.

6. Katakan Tidak


Sesekali mengatakan tidak untuk sebuah pekerjaan tidak akan membuat Minasan kehilangan pekerjaan, kok. Justru dengan mengatakan tidak, Minasan sedang menjaga produktivitas Minasan sendiri sebagai freelancer.
Foto: https://www.startupist.com

7. Be nice to someone!


Hanya butuh beberapa detik untuk me-retweet artikel menarik, atau memberi komen, atau memuji hasil kerja rekan. Lakukan dengan semangat, Minasan tidak akan tahu apa yang akan terjadi nantinya.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id