sign up SIGN UP

LIFE

8 Penyebab Seseorang Gampang Emosi! Kamu Sudah Tahu?

Retno Wulandari | Kamis, 27 Feb 2020 13:45 WIB
8 Penyebab Seseorang Gampang Emosi! Kamu Sudah Tahu?
caption
Ladies, setiap orang pasti memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan masing-masing dari kita memiliki tingkat pengendalian yang juga berbeda. Tapi, kamu tahu gak sih apa penyebab seseorang gampang emosi? Nah, untuk lebih jelas lagi, simak artikel ini yuk!

1. Memiliki Trauma


Foto: Istimewa

Memiliki masa lalu yang meninggalkan trauma mendalam seperti kekerasan, kecelakaan, dan kehilangan dapat memicu seseorang terkena stres pascatrauma. Nah, orang-orang yang mengalami kondisi ini tidak dapat melupakan insiden tramuatis di masa lalu mereka hingga menyebabkan perasaan gampang emosi.
 


2. Memiliki Ketakutan


Foto: Istimewa

Ladies, seseorang yang emosi tidak hanya menggambarkan tentang rasa marah terhadap sesuatu. Di lain sisi, emosi juga bisa menggambarkan seseorang sedang mengalami rasa takut. Menurut jurnal SAGE Publishing, seseorang akan menunjukkan kemarahan jika ada yang mengusik citra, keberadaan, dan egonya.
 
Selain itu, orang yang memiliki rasa takut akan mengungkapkan ketakutannya pada kemarahan jika merasa khawatir tentang kesejahteraan seseorang yang ia pedulikan. Jika kamu memiliki perasaan seperti ini, sebaiknya bicarakan kondisi ini kepada keluarga dan teman-teman terdekat kamu ya, Ladies.
 


3. Memiliki Kecemasan


Foto: Istimewa

Kecemasan merupakan sebuah gangguan yang bisa memicu semua perasaan emosi, termasuk kemarahan. Berbeda dari ketakutan, kecemasan merupakan rasa takut tanpa ada alasan dan sangat sulit untuk dihadapi.
 
Bagi seseorang yang mengalami gangguan kecemasan seperti ini biasanya akan sulit untuk memahami apa yang menyebabkan gejala-gejala mental dan fisik seperti stres yang bisa membuat mereka mudah marah.
 


4. Merasa Tidak Berdaya


Foto: Istimewa

Merasa tidak berdaya juga membuat seseorang gampang emosi. Kondisi ini terjadi karena seseorang merasa tidak berdaya jika hal-hal tidak berjalan seperti yang mereka inginkan atau merasa tidak memiliki kendali atas apa yang mereka miliki. Jika dibiarkan begitu saja, maka kondisi ini akan membuat seseorang merasa frustasi dan gampang emosi.
 
Jika kamu memiliki kondisi seperti ini, ada baiknya kamu mencoba menerima kondisi ini dan mencoba menemukan perasaan berkuasa di tempat yang lain ya, Ladies.
 


5. Sindrom Pra Menstruasi


Foto: Istimewa

Kondisi ini juga disebut dengan PMS, dimana kondisi yang terjadi pada wanita karena tidak seimbangnya hormon seperti estrogen dan progesterone. Karena hormon yang tidak seimbang inilah yang membuat wanita menjadi lebih mudah marah tanpa alasan yang jelas. Biasanya mood seorang wanita berubah selama dua minggu terakhir siklus menstruasi atau dua minggu sebelum menstruasi.
 


6. Insomnia


Foto: Istimewa

Gangguan tidur yang sangat umum ini membuat seseorang tidak bisa tidur. Kondisi ini dapat diatasi dengan obat dan perubahan perilaku. Orang yang mengalami insomnia biasanya akan mengalami kelelahan, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, dan sakit kepala ringan. Oleh sebab itu, seseorang yang mengalami insomnia akan mudah marah.
 


7. Obat Tidur


Foto: Istimewa

Benzodiazepin memberikan efek berupa memperlambat berbagai fungsi di otak. Dengan pengurangan fungsi inilah, seseorang yang mengonsumsi obat tidur bisa membuat mereka lebih sensitif dan gampang emosi.
 


8. Diabetes


Foto: Istimewa

Penderita diabetes yang kekurangan gula darah bisa mudah gampang emosi lho, Ladies. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan kadar gula pada tubuh yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan serotonin dalam otak. Akibatnya, seseorang menjadi lebih agresif, kebingungan, mudah emosi, marah berlebihan dan bahkan bisa terkena serangan panik.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id