sign up SIGN UP

LIFE

Alasan Hubungan Dengan Si Dia Tidak Berjalan Mulus

Zozo | Jumat, 25 Dec 2015 10:00 WIB
Alasan Hubungan Dengan Si Dia Tidak Berjalan Mulus
caption
Hubungan antara seseorang dengan pasangannya mungkin tak selalu berjalan mulus. Ada saat-saat setiap pasangan mengalami kerenggangan dalam hubungan. Kerenggangan tersebut tentu saja ada penyebabnya. Ingin tahu apa saja penyebab hubunganmu dengan pasangan tidak berjalan mulus? Yuk, simak.

Salah Satu Lebih Dekat Hubungannya Dengan Dunia Luar


Jika salah satu dari kamu atau pasangan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan seseorang misalnya mantan, teman, atau tetangga yang berbeda jenis kelamin, ini berpotensi memicu kerenggangan. Walaupun hanya sebatas teman, hubungan yang terlalu dekat dengan teman bahkan melebihi hubunganmu dengan pasangan, akan mengarah pada rasa tidak tenteram dan kecemasan.

Kehilangan Ketertarikan Satu Sama Lain


Pada awal masa hubungan, segala hal yang manis dapat terjadi sehingga hubungan pun menjadi semakin erat. Namun lambat laun seiring bertambahnya usia hubungan, ada kalanya kalian mulai kehabisan hal-hal kecil untuk berbagi. Misal tidak ada kesamaan hobi dan ketertarikan akan sesuatu akan membuat kalian jarang mengobrol dan berbagi keceriaan. Hal ini dapat memicu kebosanan dalam hubungan.
Foto: https://www.hypeorlando.com/misadventures-of-victoria-wannabe-beckham/2014/04/15/florida-swingers-they-might-be-closer-to-home-than-you-think/

Kurangnya Empati


Rasa empati tak hanya penting untuk menjalin hubungan dengan kolega dan orang sekitar, namun juga pasangan. Dengan memiliki rasa empati, seseorang akan mudah memposisikan dirinya sebagai orang lain sehingga tidak mudah menghakimi atau memandang sesuatu dari satu sisi. Empati adalah salah satu kunci agar hubungan dengan pasangan semakin erat. Jika pasangan tidak memiliki rasa empati, maka akan sering timbul rasa tidak terima, ego semakin tinggi dan kurang menghargai apa yang dirasakan pihak pasangannya, serta rasa ingin menang sendiri. Jika hal ini terjadi secara terus menerus tanpa ada perubahan sikap dari salah satu pihak yang mau mengalah dan berempati, maka hubungan akan semakin panas dan akhirnya renggang.
Foto: https://www.imagesbot.com/Lack-Of-Empathy-Quotes

Kurang Kepercayaan


Salah satu hal mendasar pada sebuah hubungan adalah rasa percaya satu sama lain. Jika salah satu kehilangan rasa percaya terhadap lainnya, hal ini akan menimbulkan kecemburuan berlebih, prasangka buruk, kecemasan, hingga stres. Jika hubungan mulai diserang penyakit seperti ini, maka kemungkinan hubungan itu akan membaik adalah sangat minim sekali. Menjalin hubungan namun tidak memiliki rasa saling percaya satu sama lain adalah bagai menegakkan benang basah.

Terlalu Banyak Kritik dan Kata Kasar


Terlalu banyak kritikan yang diterima seseorang, apa lagi dengan intonasi yang cukup tinggi layaknya menghardik, akan membuatnya merasa tidak dihargai dan direndahkan. Daripada menggunakan kata kasar atau kritikan, bicaralah secara pelan-pelan dengan pilihan kata yang enak didengar. Hal ini bertujuan untuk menjaga perasaan pasangan dan agar hubungan tidak semakin tegang.
Foto: https://chadashby.com/2014/04/02/the-golden-rule-and-public-discourse/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id