sign up SIGN UP

LIFE

Amankah Berpacaran Lewat Aplikasi Kencan Online? Ketahui Kerugian dan Keuntungannya!

Ade Suryani | Senin, 28 Oct 2019 11:10 WIB
Amankah Berpacaran Lewat Aplikasi Kencan Online? Ketahui Kerugian dan Keuntungannya!
caption
Saat ini ini aplikasi kencan online memang sedang marak dan bertebaran dimana-mana. Ada begitu banyak aplikasi kencan online yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pasangan. Aplikasi ini memang mampu menghubungkan seseorang yang ingin mencari pacar ataupun hanya untuk berkenalan.

Dibalik daya tariknya dari aplikasi kencan online tersebut, apakah berpacaran di aplikasi kencan online ini aman? Berikut mengenai kerugian dan keuntungan dari aplikasi kencan online tersebut.


Dampak Negatif dari Aplikasi Kencan Online



1. Informasi yang dicantumkan palsu



Berkenalan dengan seseorang di aplikasi online memang membuat kita tidak tahu bagaimana wujud asli dari orang tersebut. Informasi yang dicantumkan seperti biodata, alamat, dan foto bisa saja merupakan informasi palsu. Hal ini dikarenakan kita juga tidak tahu sifat serta kepribadian seseorang tersebut. Mungkin saja saat mengobrol dengannya dia berpura-pura terlihat baik, padahal bisa saja dia mempunyai niat jahat.
 

2. Masalah Privasi


Foto: Istimewa

Jika kamu mencantumkan data diri yang lengkap seperti alamat rumah dan email asli, bisa saja hal-hal seperti ini akan disalahgunakan. Oleh karena itu, kamu jangan mudah mencantumkan atau memberi data pribadimu kepada seseorang yang baru kenal lewat aplikasi kencan online tersebut.
 


3. Pemalsuan Status Hubungan


Foto: Istimewa
Salah satu dari kekhawatiran saat berkenalan dengan seseorang di aplikasi kencan online, kita tidak benar-benar tahu status sebenarnya dari orang tersebut. Karena bisa saja dia berbohong dengan mengatakan dirinya masih single, padahal nyatanya sudah berstatus menikah.
 

4. Rentan terhadap penipuan ​​​​​​​


Foto: Istimewa

Tentunya kamu pasti sering mendengar di berita-berita tentang banyaknya aksi penipuan yang telah terjadi di media sosial dan juga situs kencan online. Seperti banyak dari pelaku yang memajang foto profil palsu dengan berpura-pura menjadi seseorang yang terlihat baik dan cantik/tampan. Dan bisa jadi, ada orang dewasa yang sedang mengincar gadis remaja untuk diajak berhubungan seks. Selain itu banyak dari pelaku yang punya niat jahat seperti meminta korban mengirimkan uang atau barang dengan cara menarik perhatian dan simpati dari calon korban.

 



Namun dibalik itu semua, aplikasi kencan online juga tak selalu memberikan dampak buruk. Berikut ini juga ada keuntungan dibalik aplikasi ini:


Keuntungan Kencan Lewat Aplikasi Online


1. Menambah teman baru



Bila pada awalnya kamu hanya ingin berkenalan dengan sekadar menambah teman baru, tentunya aplikasi ini akan membuatmu mendapatkan koneksi yang lebih luas dan juga berpotensi membawa manfaat positif dalam hubungan baik dan pekerjaan.
 


2. Mendapatkan Teman Satu hobi


Foto: Istimewa

Jika kamu menemukan seseorang yang cocok diajak ngobrol apalagi mempunyai hobi yang sama, tentunya hal ini akan membuatmu merasa nyaman dan lebih dekat. Jika sudah memiliki teman sehobi seperti ini, kamu mungkin bisa juga bekerja sama dengannya dalam membuat sebuah karya atau usaha dalam bentuk pekerjaan.
 


3. Hemat Waktu dan Biaya


Foto: Istimewa

Melalui aplikasi kencan online, kamu akan menghemat waktu dan biaya. Hal ini karena kamu tidak perlu repot-repot mengajak teman kencan untuk bertemu di restoran, mall, atau tempat hiburan yang lain. Kamu pun jadi lebih leluasa mengobrol kapanpun dan dimanapun sesuai yang diinginkan.
 


​​​​4. Menumbuhkan rasa percaya diri


Foto: Istimewa

Sebagian orang mungkin pernah mengalami yang namanya malu, grogi atau nervous saat melakukan PDKT secara langsung. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnya rasa percaya diri saat berbicara dengan lawan jenis. Namun hal ini tentu tidak akan terjadi jika melakukannya lewat aplikasi kencan online tersebut. Kamu bisa tetap merasa nyaman chatting dengan lawan jenis tanpa merasa khawatir terlihat canggung atau salah tingkah.
 


Nah, itulah beberapa hal yang merugikan dan menguntungkan dari aplikasi kencan online tersebut. Aman atau tidaknya, itu semua tergantung dirimu. Pastikan kamu sudah mengetahui kerugian dan keuntungannya terlebih dahulu, serta berhati-hatilah selalu.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id