sign up SIGN UP

LIFE

Anak 90an Pasti Paham, Ini 5 Permainan Tradisional yang Dulu Digandrungi

Citra Sugandi | Jumat, 27 Dec 2019 05:30 WIB
Anak 90an Pasti Paham, Ini 5 Permainan Tradisional yang Dulu Digandrungi
caption
Saat kita kecil, permainan tradisional pasti jadi pilihan favorit buat bermain bersama teman-teman. Namun sayangnya, kini permainan tradisional sudah mulai ditinggalkan.

Saat kecil pasti kita nggak lepas dari yang namanya mainan. Buat generasi 90-an, selain mainan, biasanya bermain permainan tradisional jadi salah satu kegiatan seru, nih. Sayangnya, zaman yang semakin modern dan kecanggihan teknologi yang makin berkembang pesat, permainan tradisional ini mulai ditinggalkan. Hal ini disebabkan permainan kini bealih jadi ‘game’ yang berhubungan dengan gadget. Lalu, permainan tradisional apa aja nih yang kini nyaris punah? Yuk kita nostalgia bersama!
 


1. Permainan Patil Lele atau Gatrik


Ladies, ada nggak nih yang masa kecilnya sering main Gatrik bareng teman-teman? Permainan ini paling seru dimainkan bersama-sama. Kalau memainkan Gatrik atau Patil Lele, kamu harus berhati-hati agar nggak terkena mainan ini. Permainan tradisional ini menggunakan dua batang bambu sepanjang 30 cm dan 15 cm.
 
Rules permainan ini cukup sederhana, pertama, kamu bisa menjungkit bambu kecil dan memukulnya. Lalu kamu juga bisa menangkap bambu yang dipukul lawan. Saat melakukan keduanya, pastikan bambu nggak mengenai tubuh kita selain tangan. Kalau kita berhasil menangkap bambu dengan kedua belah tangan maka hasilnya 50. Namun jika berhasil menangkap dengan satu tangan, maka nilaimu 100. Ada yang pernah dapat poin sempurna nggak nih?
 


Foto: Istimewa


 


2. Serunya Bermain Engrang


Kalau permainan satu ini memang susah susah gampang dimakinkan. Kita harus berdiri di atas dua galah dari bambu atau kayu yang lumayan tinggi. Pastinya kita bakal memerlukan keseimbangan dan teknik agar bisa berjalan dengan engrang. Kalau bisa memainkan engrang berarti keseimbangan kita bagus banget! Kira-kira masih ada yang memainkan permainan ini nggak ya?
 


Foto: Istimewa


 


3. Duel dengan Teman Bermain Congklak


Para cewek pasti familiar banget nih sama permainan satu ini. Congklak jadi salah satu permainan tradisional yang populer di Indonesia. Namun sayangnya, semakin ke sini congklak mulai kehilangan peminat. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang. Congklak memiliki 16 buah lubang terdiri dari 14 lubang kecil dan 2 lubang besar di kedua sisinya. Memainkan congklak ini perlu dibarengi cara yang cerdas. Siapa yang bisa mengumpulkan paling banyak biji bakal jadi pemenangnya, nih.
 


Foto: Istimewa


 


4. Bersama-Sama Bermain Ular Naga


Permainan tradisional satu ini seru banget kalau dimainkan bareng teman-teman satu kelas atau komplek. Permainan ini dinamai Ular Naga karena pemain harus membuat barisan panjang mengular seperti naga. Awalnya, permainan Ular Naga dimulai dengan menangkap dua orang sebagai ketua kelompok. Setelah itu, kawan lain akan berjalan mengitari ketua kelompok. Mereka akan menangkap kawannya seusai lagu yang dinyanyikan berhenti. Kawan yang tertangkap pun akan jadi pengikutnya.
 


Foto: Istimewa


 


5. Bernyanyi dan Bermain Domikado


Ada yang masih sering terngiang-ngiang lagu domikado nggak? Permainan legendaris ini biasanya dimainkan di sekolah karena nggak perlu memerlukan perlatan. Kita tinggal duduk sambil menyanyi lalu membuka tangan dan menggabungkannya dengan tangan teman yang ada di samping. Saat lagu mulai dinyanyikan, kita akan menepuk tangan ke orang yang di samping. Meski sederhana, permainan ini juga memerlukan konsentrasi yang baik, lho.
 


Foto: Istimewa

Wah, padahal semua permainan tradisional ini lebih seru dibandingkan game dalam gadget, ya. Selain menyenangkan , bermainan permainan ini juga bakal menambah banyak teman. Semoga permainan tradisional ini bisa tetap dilestarikan agar nggak benar-benar terlupakan ya!

 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id