sign up SIGN UP

LIFE

Bebenah Rumah Lebih Menyenangkan dengan Metode ala Marie Kondo

Nurul Khasanah | Sabtu, 06 Jul 2019 14:00 WIB
Bebenah Rumah Lebih Menyenangkan dengan Metode ala Marie Kondo
caption
Metode KonMari ini sangat populer dan banyak diikuti agar rumah tetap rapi dan bersih tanpa banyak barang menumpuk. Metode Marie Kondo ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun kini kembali booming berkat serial televisi di Netflix yang berjudul 'Tidying Up with Marie Kondo'. Metode ini sebenarnya cukup simpel, salah satunya trik melipat baju agar lebih hemat tempat dan praktis. Ini sekian hal yang bisa kamu pelajari dari metode Konmari. Yuk, kita pelajari prinsip utama dari metode KonMari ini sebelum langsung praktik, ya!

Siapa Marie Kondo?


Foto: Istimewa
Image : instagram.com/konmari.cohttps://instagram.com/konmari.co

Marie Kondo adalah perempuan Jepang yang terkenal lewat bukunya The Life Changing Magic of Tidying Up dan sudah terjual jutaan kopi di lebih dari 30 negara. Metodenya dikenal dengan KonMari. Berkat metode yang praktis dan mudah diaplikasikan, Marie Kondo dijuluki “the tidiest woman in the world” dan seorang ahli organizing dan decluttering terkenal hingga ke seluruh dunia.
 


Metode KonMari


Foto: Istimewa
Image : instagram.com/konmari.cohttps://instagram.com/konmari.co

Terkenal dengan slogan khasnya, “does it sparks joy?”, metode Konmari memfokuskan diri untuk menentukan barang mana yang ingin disimpan atau dibuang dengan joy atau kebahagiaan sebagai penentunya. Menurut filosofi KonMari, banyaknya barang-barang yang berantakan dan tidak terpakai di rumah, bisa menyebabkan stres. Sebaliknya, rumah yang rapi dan bebas dari tumpukan barang, akan mendatangkan rasa bahagia dan hidup yang bermakna.

ah, sebelum memulai metode KonMari mulailah langkahmu dengan membayangkan bentuk rumah ideal. Membayangkan rumah impianmu bisa membantu melawan godaan menyimpan barang-barang yang tidak perlu, mencegahmu menghamburkan uang, dan hanya menyimpan barang yang perlu saja.


[Gambas:Youtube]

Rapikan Berdasarkan Jenis Barang, Bukan Ruangan


Foto: Istimewa
Image : instagram.com/mariekondohttps://instagram.com/mariekondo

Kebanyakan dari kita biasa mulai membersihkan rumah berdasarkan ruangan. Proses bebenah rumah dimulai dengan membagi ke dalam lima kelompok yaitu pakaian, buku, kertas dan dokumen, item nostalgia, hingga komono atau ragam benda lainnya. Komono yang dimaksud Kondo termasuk dapur, kamar mandi, mainan, garasi, dan lain-lain. Memilah barang bisa dimulai dengan kategorisasi dalam benda yang masih digunakan, yang punya nilai kenangan, yang akan diberikan ke orang lain, dan yang akan didaur ulang.


Siapkan Wadah Penyimpanan


Penyimpanan dalam laci, ternyata dibutuhkan wadah seperti kotak-kotak kecil agar barang yang disimpan terlihat rapi. Kotak kecil dalam laci ini  berguna saat menata peralatan dapur, meja rias, atau meja kerja. Selain itu, wadah-wadah kecil juga berguna untuk menyimpan pakaian dalam, beha, hingga kaus kaki dalam berbagai bentuk.
 


Simpan dalam Posisi Berdiri


Foto: Istimewa
Image : instagram.com/konmari.cohttps://instagram.com/konmari.co

Setelah barang ter sortir berdasarkan kategori, dan wadah-wadah telah siap, kini saatnya menyimpan. Semua harus ada wadahnya, jadi tidak tergeletak begitu saja. Untuk pakaian yang tidak digantung, Marie Kondo mengajarkan cara melipatnya menjadi tiga dan meletakkannya dalam posisi berdiri dan tidak menumpuknya. Model lipat pakaian seperti ini sangat efektif bagi yang penyimpanan dalam laci. Dalam posisi berdiri, kamu lebih mudah menemukan pakaian yang hendak dikenakan. Lakukan ini untuk kaos, hingga celana jeans. Laci pun jadi lebih rapi!
 


Atur Berdasarkan Ukuran


Foto: Istimewa
Image : instagram.com/mariekondohttps://instagram.com/mariekondo

Barang-barang yang tidak bisa diletakkan dalam posisi berdiri dan mudah dilihat, aturlah berdasarkan ukuran. Ini membantu kamu mencarinya saat dibutuhkan dan mengembalikannya. Sebab salah satu kesulitan terbesar dari proses beres-beres ala Marie Kondo adalah menjaga segala sesuatunya tetap rapi seperti semula. Pun demikian, jika semua benda punya tempat tersendiri tentu lebih mudah.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id