sign up SIGN UP

LIFE

Bicara LDR: Rentan Bikin Hubungan Putus, 5 Poin di Bawah Ini Harus Kamu Pahami

Izzul Umami | Minggu, 12 Apr 2020 11:00 WIB
Bicara LDR: Rentan Bikin Hubungan Putus, 5 Poin di Bawah Ini Harus Kamu Pahami
caption
Kenapa LDR rentan bikin hubungan kandas, sih? Kenapa gitu? Ladies, tengok 5 poin berikut ini supaya mengerti.

Musim pandemi virus corona, banyak banget pasangan yang mau nggak mau merasakan sensasi LDR (long distance relationship). Hubungan jadi lebih terpusat via media sosial semacam chatting, video call, dan mengirim foto untuk mengurangi rasa kangen. Gimana lagi, keadaan yang nggak memungkinkan harus dijalani dengan ikhlas agar suasana jadi normal kembali lebih cepat. 

Bicara LDR, sebenernya status hubungan ini nggak hanya terjadi selama pandemi, kok. Jauh sebelum virus corona datang, sudah ada banyak banget hubungan terpaksa dijalani tanpa pertemuan. Kisahnya sih macam-macam: ada yang terpaksa berpisah karena pekerjaan, ada pula yang nggak bertemu untuk sementara karena beban belajar di perkuliahan. 

Bicara LDR, sebagian bisa lolos dan tetap nyaman dengan hubungan, sementara sebagian lagi harus kandas tanpa kelanjutan. Ladies pun harus tahu, ada 5 poin yang menjadi alasan mengapa LDR itu jadikan hubungan rentan putus: 
 


1. Setiap Hubungan Membutuhkan Afeksi, Bukan Sebatas Pengakuan



Sebelum LDR datang, setiap pasangan biasanya menunjukkan bahasa cinta lewat afeksi yang saling ditunjukkan. Afeksi ini terbentuk ketika pasangan sedang bersama-sama. Entah itu memeluk maupun bergenggaman tangan, afeksi jadi salah satu bumbu percintaan yang bisa mempererat suatu hubungan.

Semenjak LDR, afeksi ini jadi berkurang dan malah hilang. Satu sama lain masih bisa memberikan afeksi online. Tetapi, momen yang ditimbulkan jelas sangat berbeda. Lambat laun, afeksi tinggal afeksi. LDR jadi dirasa sebatas status hubungan saja. 


Foto: Istimewa


 


2. Sebagian Besar Pasangan Merasa Tak Punya “Kontrol” Satu Sama Lain Selama LDR



Mengapa banyak pasangan berselingkuh selama LDR? Tentu saja, banyak banget dari mereka yang merasa nggak ada kontrol antar pasangan selama LDR. Ditambah lagi, ada suatu penelitian yang mengungkapkan kalau setiap dari kita punya kecenderungan berselingkuh.


Foto: Istimewa


 


3. Banyak Pasangan Menganggap Kangen Itu Nagih dan Semestinya Berbalas



Rasa kangen yang sudah sering muncul ketika berpasangan membuat masing-masing dari kita merasa ingin menumpahkannya. Ketika LDR, rasa kangen ini susah berbalas. Media sosial cuma bisa ‘mengurangi’ kadar kangennya. Nantinya, rasa kangen ini muncul untuk seterusnya. Buat mereka yang susah tahan godaan, biasanya akan mencari objek pelampiasan rasa kangen ini termasuk dengan cara berselingkuh.


Foto: Istimewa


 


4. LDR Membuat Momen-Momen yang Ada Jadi Terasa Kosong



Antara tidak LDR dan LDR akan sangat terasa sekali perbedaannya. Kamu yang nggak terbiasa berpisah dengan si dia juga akan merasakan kekosongan baru. Momen-momen yang biasanya ada jadi terasa hambar tanpa dirinya. Buat mereka yang menganggap bahwa momen adalah hal yang terpenting dalam hubungan, akan cenderung lebih mudah berhenti. Padahal, hubungan yang serius bukan sekedar menciptakan momen, melainkan berkomitmen akan hal tersebut.


Foto: Istimewa


 


5. Tanpa Komitmen Kuat, LDR Bisa Bikin Konflik Panjang



Karena kurangnya suatu kontrol terhadap pasangan, konflik pun muncul lebih sering. Konflik nggak cuma sekedar selingkuh dan tidak. Hal-hal remeh yang menimbulkan salah paham juga membuat masalah susah untuk diselesaikan. Akibatnya, mereka dengan komitmen yang lemah memilih untuk berhenti melangkah. 


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id