sign up SIGN UP

BTS Garap Album Baru, Ini 8 Hal Menarik yang Layak Kamu Nantikan

Henny Alifah | Rabu, 13 May 2020 09:30 WIB
BTS Garap Album Baru, Ini 8 Hal Menarik yang Layak Kamu Nantikan
caption
Setelah comeback beberapa bulan lalu, rupanya kini BTS telah mulai mempersiapkan album baru lagi. Album ini sedang dalam tahap brainstorming awal, dan semua detailnya masih dapat berubah sewaktu-waktu. Namun demikian, setidaknya mereka telah memberikan gambaran umum tentang seperti apa album yang akan datang nanti.

1. Musik produksi BTS sendiri


Foto: Istimewa
image source: rollingstone.com

Member BTS dikenal sebagai idol K-Pop yang selalu terlibat dalam proses kreatif pembuatan lagu mereka, seperti pada MAP OF THE SOUL: 7 misalnya. Nah, ketujuh member diketahui juga akan turut menulis, memproduksi, dan membuat lagu untuk album terbaru BTS nanti. Dalam album ini, kemungkinan hanya ada sedikit kolaborasi dengan musisi lain, dan mereka lebih fokus pada musik BTS oleh BTS.
 


2. Peran BTS di balik layar


Foto: Istimewa
image source: YouTube/Samsung Indonesia

Salah satu hal menarik di pembuatan album baru BTS kali ini, mereka juga akan berperan aktif dalam produksi album secara keseluruhan. Suga akan bertanggung jawab atas pembuatan album jacket, RM terlibat dalam production/music management, Jimin menjadi music project manager, J-Hope terlibat dalam menciptakan koreografi, dan V menjadi visual director.

Jungkook dan Jin belum mengkonfirmasi peran mereka, namun dalam siaran langsung BangtanTV belum lama ini diketahui bahwa Jungkook kemungkinan besar mengambil peran dalam video production.
 


5. Konsep yang sesuai dengan 'the new normal'


Foto: Istimewa
image source: YouTube/KOREA NOW

Di album sebelumnya, BTS menggunakan konsep yang fokus pada 7, merujuk pada 7 tahun kebersamaan ketujuh membernya. Untuk album terbaru BTS nanti, para member mempertimbangkan untuk menggunakan konsep yang sesuai dengan kondisi dunia saat ini, "the new normal" yang merupakan dampak dari adanya pandemi COVID-19.

RM menyarankan untuk menunjukkan sisi BTS "di rumah", misalnya dengan melakukan hobi selama masa social distancing. Itu bisa mencakup bermain game atau bernyanyi karaoke. Jika benar demikian, maka kemungkinan ada potret yang diambil dalam ruangan atau kamar pribadi.
 


6. Video seperti GCF


Foto: Istimewa
image source: bustle.com

Hal menarik di pembuatan album baru BTS kali ini, seri GCF atau Golden Closet Films arahan Jungkook mungkin akan mendapat semacam lanjutannya. V menyarankan untuk merekam video musik mereka mirip GCF. Video-video tersebut bisa saja dimasukkan dalam paket album, yang mana akan diambil dan diedit oleh Jungkook sendiri, atau dengan bantuan staf BTS.
 


7. Satu versi album


Foto: Istimewa
image source: karousell.com

Satu album K-Pop biasanya memiliki lebih dari satu versi. BTS sendiri pernah merilis empat versi berbeda dari satu album. Untuk album terbaru BTS nanti, RM menyarankan untuk membuat versi albumnya lebih sedikit, atau hanya satu versi saja. Di satu sisi, ini bisa jadi lebih ekonomis. Di sisi lain, potret member akan jadi lebih sedikit dibanding album-album sebelumnya, kecuali mereka membuat album kali ini lebih tebal dari biasanya.
 


8. Jadwal comeback yang tak lama lagi


Foto: Istimewa
image source: Twitter/bts_bighit

Belum lama ini BTS mengunggah video di YouTube dalam rangka tetap #StayConnected dengan penggemar selama masa pandemi COVID-19. Sambil mengobrol tentang kemungkinan tema untuk album mendatang, Jin dengan santai memberikan spoiler

Album yang akan datang ini masih dalam tahap awal pengerjaan, jadi banyak ARMY memperkirakan rilis musim dingin atau awal 2021. Namun berdasarkan spoiler dari Jin BTS, album itu akan rilis musim gugur ini. Dengan kata lain, kemungkinan BTS akan comeback bulan Oktober 2020. Ini terhitung cepat mengingat BTS baru saja comeback pada Februari 2020.

Nah, itu tadi delapan hal menarik di pembuatan album baru BTS. Apapun nanti hasil akhirnya, semoga musik dari BTS dapat membantu banyak orang melalui masa-masa sulit seperti sekarang, sebagaimana yang telah mereka lakukan di album-album sebelumnya.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id