sign up SIGN UP

Buat Kamu yang Suka Senyum, Ada World Smile Day Lho

Henny Alifah | Sabtu, 12 Oct 2019 10:40 WIB
Buat Kamu yang Suka Senyum, Ada World Smile Day Lho
caption
Katanya, senyum itu menular. Katanya lagi, senyum itu sedekah. Satu senyuman kadang memang cukup untuk membuat mood seharian jadi lebih baik, entah itu senyum yang didapat dari orang lain atau senyum yang diberikan kepada orang lain. Sementara itu, ada satu hari khusus dalam setahun yang diperingati sebagai Hari Senyum Sedunia. Apakah itu?

Energi positif dari World Smile Day


source: orthodonticslimited.com

Terdapat energi positif dalam sebuah senyuman. Itulah mengapa kadang disarankan untuk tersenyum ketika mood sedang tidak baik. Satu senyuman yang tulus dari hati juga dapat menyenangkan orang lain, baik itu sekedar sapaan kecil ketika berpapasan di jalan atau sebagai ucapan selamat atas pencapaian yang didapat.

Mengingat besarnya manfaat dari sebuah senyuman, maka pantas saja jika ada satu hari khusus untuk merayakannya yaitu Hari Senyum Sedunia a.k.a World Smile Day. Tujuan adanya World Smile Day tak lain dan tak bukan adalah untuk menebarkan senyum di sekeliling kita, dengan demikian akan tercipta lebih banyak lagi energi positif dan hari pun jadi lebih cerah. 
 


Sejarah World Smile Day


source: arrajol.com

World Smile Day diperingati setiap hari Jumat di minggu pertama bulan Oktober. Tahun 2019, hari itu jatuh pada tanggal 4 Oktober dan tahun 2020 mendatang akan diperingati pada tanggal 2 Oktober.

Adalah Harvey Ball, seniman komersial dari Amerika Serikat, yang menciptakan emoji senyum. Sederhana saja, sebuah lingkaran dengan dua titik dan satu lengkungan yang digabungkan lalu jadilah simbol paling ikonik sepanjang masa dan menginspirasi berbagai emoji lain di masa-masa selanjutnya. Harvey Ball menciptakan emoji senyum pada tahun 1963.

Namun kemudian Harvey Ball menyatakan sedikit keresahannya, penggunaan emoji tersebut secara komersial bisa jadi mengurangi makna senyum itu sendiri. Karena itu, Harvey Ball menginisiasi adanya World Smile Day pada tahun 1999, yang mana ditujukan untuk menyebarkan kebahagiaan dan cinta kepada semua orang, tanpa memandang suku, agama, ras, maupun jenis kelamin.

Tahun 2001, Harvey Ball meninggal dunia. Meski demikian, yayasan yang ia bantu dirikan yaitu  Harvey Ball World Smile Foundation, meneruskan perjuangannya. Sampai sekarang mereka terus menjadi sponsor resmi Hari Senyum Sedunia setiap tahun. Yayasan tersebut memiliki slogan, ‘improving this world, one smile at a time'.

Seperti namanya, untuk ikut merayakan World Smile Day, kamu cukup melihat sekitar dengan rasa peduli dan tersenyum kepada mereka yang kamu temui. Siapa tahu, satu senyuman yang kamu berikan dapat mencerahkan hari seseorang. Ingat juga untuk memberikan senyuman itu pada diri sendiri karena kamu juga layak dicintai, baik pada Hari Senyum Sedunia maupun di hari-hari yang lain.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id