sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Cuma Mimpi, Gelar Pesta Pernikahan Modal Rp 5 Hingga 6 Juta Bisa dengan Cara Ini

Henny Alifah | Rabu, 16 Oct 2019 11:00 WIB
Bukan Cuma Mimpi, Gelar Pesta Pernikahan Modal Rp 5 Hingga 6 Juta Bisa dengan Cara Ini
caption
Di tengah budaya pesta pernikahan mewah yang menghabiskan dana puluhan juta rupiah, pasangan asal Purwokerto, Satrio dan Karin memilih untuk merayakan pestanya dengan sederhana. Menghabiskan modal sekitar Rp5-6 jutaan, kisah mereka berdua pun jadi viral. Buat kamu yang mau nikah dengan budget minim juga, berikut tipsnya!

1. Undangan pernikahan dibuat simpel tapi berkesan


source: boredpanda.com

Seringnya, undangan pernikahan hanya berakhir di tempat sampah setelah mungkin dipakai untuk kipas-kipas sesaat. Kecuali kamu memang ingin memberikan undangan pernikahan yang bisa didaur ulang dengan ditanam, misalnya, maka lebih baik kurangi kemubaziran dengan membuat undangan pernikahan yang sederhana saja.

Lebih hemat, desain sendiri undangannya. Tidak ada salahnya, lho membuat desain ala gambar anak TK yang belepotan dan warna-warni crayon atau dibuat seperti kartu perpustakaan dengan tanggal-tanggal penting kedua calon mempelai, justru lebih unik dan tampak artistik, kan?

Beli kertas sendiri dan potong sendiri dijamin bisa memangkas anggaran biaya. Sementara cetaknya tak perlu jauh-jauh, gunakan jasa kenalan atau teman baik sehingga kamu bisa sekalian promosi usaha mereka.

Selain itu, jumlah tamu yang kamu undang juga sangat menentukan seberapa besar biaya pesta pernikahan yang perlu kamu keluarkan. Undang saudara, teman, rekan, sejawat, dengan bijak, ya.


2. Ijab Kabul di KUA bisa menghemat biaya pesta pernikahan


source: tirto.id

Ingat pernikahan Suhay Salim yang yang viral akhir 2018 lalu? Beauty vlogger tersebut mewujudkan pernikahan impiannya, di KUA saja. Buat info, terutama yang muslim, ijab kabul di KUA tidak dikenakan biaya, lho, jika dilakukan di hari kerja atau Senin sampai Jumat. Dengan demikian nikah Rp5,5 juta ataupun Rp6 juta pun bukan lagi impian semata. Pos pengeluaran untuk mengundang penghulu ke rumah bisa dialihkan ke tempat lain seperti katering dan yang lainnya.
 


5. Mengerahkan bantuan saudara dan tetangga untuk urusan katering


source: berkahkulinanusantara.com

Di pos katering biasanya juga menelan banyak sekali biaya. Karena itu, cobalah minta tolong sanak saudara dan tetangga untuk memasak sendiri hidangan bagi para tamu. Sediakan bahan dan tempat kemudian percayakan masakan untuk menu pernikahanmu pada mereka. Selain mempererat persaudaraan, kamu juga bisa hemat biaya.

Atau, kamu bisa tiru Satrio dan Karin pasangan asal Purwokerto. Kisah pernikahan mereka yang viral di Twitter melalui akun @biangkerok itu menyatakan biaya nikah bisa hanya menghabiskan budget berkisar 5 hingga 6 juta karena mendapat sokongan dana dari orang tua untuk urusan katering.


6. Sewa kamera harian atau gunakan soft file saja untuk dokumentasi


source: format.com/magazine

Untuk mengabadikan momen, dokumentasi tentunya jangan sampai ketinggalan. Namun biaya jasa fotografer dan videografer bisa sangat melangit. Nah, biaya di pos ini bisa kamu kurangi dengan menyewa kamera harian. Lalu minta tolong sahabat-sahabat terdekat untuk menjadi juru potret di hari sakralmu. Opsi lain, tetap gunakan jasa fotografer dan videografer tapi dengan hasil soft file saja sehingga biaya cetak foto bisa dipangkas.

Itu tadi sedikit tips untuk mengadakan pesta pernikahan dengan budget minim. Jangan lupa bicarakan semua persiapan pernikahan dengan pasangan dan keluarga kedua belah pihak, ya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id