sign up SIGN UP

LIFE

Cara Jitu Tekan Nafsu Makan Agar Diet Berjalan Lancar

Mellisa | Rabu, 09 Nov 2016 03:00 WIB
Cara Jitu Tekan Nafsu Makan Agar Diet Berjalan Lancar
caption
Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mungkin ada kalanya nafsu makan meningkat sehingga membuatmu makan dengan porsi yang lebih banyak. Hal ini tentunya dapat menggangu program penurunan berat badan yang sedang kamu lakukan. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Minum Air Putih


Cara termudah untuk menekan nafsu makan adalah dengan meminum air putih. Saat tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan merasakan hal yang sama seperti saat sedang lapar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memakan sesuatu minumlah air putih terlebih dahulu. Dengan begitu, otak akan mengalihkan perasaan ingin makan.


Foto: https://weheartit.com/entry/262613332/search?context_type=search&context_user=jiyonq&page=7&query=drink+water

Kunyah Makanan Secara Perlahan


Sudah makan tapi perut masih merasa lapar? Hal ini bisa disebabkan otak belum menerima 'sinyal' bahwa kamu telah makan.


Foto: https://weheartit.com/entry/263078658/search?context_type=search&context_user=Otherwiseknownastwin&query=eating

Sinyal yang dikirimkan leptin dari perut ke otak setidaknya membutuhkan waktu 20 menit. Jika kamu makan terlalu cepat, besar kemungkinan kamu akan merasa masih lapar walaupun setelah selesai makan, karena otak belum mendapatkan sinyal kenyang. Oleh karena itu, mengunyah makanan secara perlahan menjadi salah satu hal yang penting, terlebih lagi jika kamu sedang menjalani program diet.



Awali dengan Sayuran (Serat)


Jika kamu mengawali makan dengan karbohidrat, kadar gula darah akan mengalami kenaikan tajam secara tiba-tiba. Peningkatan gula darah secara cepat cenderung menyebabkan penurunan yang juga cepat. Hal inilah yang kemudian membuat kita merasa cepat lapar.
 


Foto: https://weheartit.com/entry/240458444/search?context_type=search&context_user=cyagomez&page=3&query=veggies+and+fruits

Urutan makan yang paling disarankan adalah:

sayuran (serat) → sup → daging atau ikan (protein) → nasi atau mie (karbohidrat)


Sikat Gigi


Jika setelah selesai makan kamu masih merasakan rasa lapar, cobalah untuk menyikat gigi. Kegiatan menyikat gigi dapat menjadi tanda bahwa makan telah selesai dan kamu bisa manfaatkan ini sebagai cara untuk menahan rasa lapar. Aroma mint dari pasta gigi juga dapat merangsang otak untuk merasa kenyang. Jika kamu tidak mempunyai banyak waktu untuk sikat gigi, sebagai alternatif kamu juga bisa gunakan mouthwash setelah selesai makan.


Foto: https://office-cosme.com/blog/?p=677

Pilih Makanan Rendah Kalori untuk Puaskan Perut


Jika rasa laparmu sudah tak tertahankan lagi, maka makanlah. Pilihlah makanan yang memiliki kalori rendah agar tidak merusak program diet yang sedang kamu jalani. Beberapa cemilan yang direkomendasikan antara lain adalah kacang-kacangan, dried fruit, atau salad. Tapi perlu diingat, meskipun memiliki kalori yang rendah, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak.


Foto: https://weheartit.com/entry/148287152/search?context_type=search&context_user=somethingaboutemma&page=2&query=dried+fruits

Semoga program dietmu berjalan dengan lancar!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id