sign up SIGN UP

LIFE

Cara Menghemat Belanja Bahan Makanan

Saski Nestya | Senin, 06 Feb 2017 07:00 WIB
Cara Menghemat Belanja Bahan Makanan
caption
Seringkali kita merasa selalu kehabisan uang belanja di pertengahan bulan hanya karena tidak bisa menghemat atau mengatur apa saja yang kita belanjakan. Bahkan sampai kehabisan makanan dan hanya mengkonsumsi makanan-makanan instan di akhir bulan. Sebagian orang lebih menyalahkan jumlah pemasukan yang kurang, padahal pengeluaran kita lah yang belum terkontrol dengan baik.

Tentukan tanggal belanja


Menentukan tanggal belanja merupakan langkah pertama untuk mulai mengatur periode berbelanja bahan makanan. Tentukan periode belanja seperti setiap minggu atau setiap bulan sekali. Sedangkan untuk hari-hari yang lain tahan pengeluaran hanya untuk pengelaran rutin saja. 
 
Foto: https://www.sanatan-dharma.lt/en/news/calendar-of-the-2016/


 


Catat bahan apa saja yang akan di beli


Mencatat bahan makanan yang akan di beli dan mulailah untuk konsisten. Usahakan perbanyak bahan makanan untuk di masak dan minimalisir bahan makanan instan. Ingatlah untuk tetap konsisten terhadap catatan dan tidak membeli hal lain selain dari list bahan makanan yang telah di catat.
 


Foto: https://www.bisnisborneo.com/2016/08/cara-mengatur-keuangan-bulanan-rumah.html?m=0


 


Kenyangkan Perut Sebelum Berbelanja


Ini penting, karena salah satu hal yang paling sulit di hindari adalah lapar mata. Ketika sampai ditempat belanja dan melihat begitu banyak bahan makanan atau makanan instan maka akan semakin besar pula keinginan untuk belanja lebih dari yang sudah direncanakan.
 


Foto: https://www.radarislam.com/2016/05/hobby-makan-banyak-tapi-ingin-tetap.html


 


Pilih Bahan Makanan dengan Kemasan Besar


Memilih bahan makanan dengan ukuran besar cenderung lebih hemat dan awet hingga waktu yang lebih lama. Pembelian sekaligus ini akan meminimalisir pengeluaran pada belanja kamu selanjutnya lho.
 
Foto: https://www.rochiiocazie.net/2016/05/


 


Menanam Bahan Makanan dihalaman rumah


Beberapa waktu ini kita ketahui bahwa harga cabai naik drastis di pasaran. Dengan menanam cabai sendiri di halaman rumah tentu bisa meminimalisir anggaran belanja untu pembelian cabai lho. Kamu juga bisa menanam bahan makanan lain yang mudah tumbuh di tanah tropis seperti tomat, terong, timun, kacang panjang, sawi dan sebagainya. 
 


Foto: https://beritapertanian.xyz/2016/05/tanaman-hidroponik-cabe-di-rumah-kumpulan-tips.html


 


Letakkan Bahan Makan ditempat yang Tepat


Tempatkan bahan makanan sesuai dengan ketentuan. Jangan letakkan di tempat yang salah sehingga dapat membuat bahan makanan mudah rusak atau busuk. Jangan lalai meletakkan bahan makanan sembarangan, terlebih lagi bila di rumahmu terdapat serangga atau binatang lain yang mengganggu seperti semut, kecoa atau tikus. Jika meletakkan bahan makanan di dalam kulkas, usahakan ditempatkan lagi di dalam organizer makanan agar terjaga dari bau makanan yang lain.
 


Foto: https://www.aliexpress.com/cheap/cheap-freezer-seals.html


 


Berbelanja Online


Pilihlah beberapa situs belanja online yang memberikan discount untuk pembelian barang dalam jumlah banyak. Berbelanjalah dalam jangka waktu tertentu seperti seminggu atau sebulan sekali. Karena dengan belanja online, bisa menghemat tenaga dan membuat kita lebih fokus terhadap barang yang akan di beli dan tidak berkesempatan untuk memikirkan barang yang lain yang nantinya menjadi pengeluaran tambahan.
 


Foto: https://www.bgr.in/tag/online-shopping/


 


Mix Bahan Makanan yang Ada


Buka kulkas dan tempat penyimpanan makanan dan mulai lah meramu bahan makanan yang cocok untuk dimasak dan dipadukan dengan bahan makanan yang lain. Be creative, buatlah masakan atau makanan apapun dari bahan makanan yang ada. Jangan terlalu berpaku pada resep karena beberapa bahan makanan yang di mix dengan pandai akan menghasilkan masakan baru yang lebih enak dan hemat.
 


Foto: https://www.shutterStock.com


Selamat mencoba dan jangan lupa untuk konsisten ya Beautynesian!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id