sign up SIGN UP

LIFE

Cegah Corona, Masker Kain Sebaiknya Dipakai Berapa Lama?

Friska Rianti | Senin, 06 Apr 2020 10:00 WIB
Cegah Corona, Masker Kain Sebaiknya Dipakai Berapa Lama?
caption
Sejak penyebaran wabah virus corona di Indonesia mulai meluas, masyarakat berbondong-bondong berburu masker sekali pakai untuk melindungi diri saat berada di tempat umum. Hal ini kemudian menyebabkan stok masker menjadi langka dan mahal sehingga tak sedikit orang yang beralih menggunakan masker kain sebagai alternatif. Namun sebetulnya, efektifkah menggunakan masker kain untuk mencegah penularan virus corona?

Masker Sekali Pakai untuk Cegah Penularan Virus Corona



Foto: https://freepik.com/

Selain rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker saat berada di tempat umum menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19. Masker bedah sekali pakai menjadi jenis masker yang paling diburu oleh masyarakat.

Masker ini efektif untuk menghindari penularan virus corona karena memiliki 3 lapisan, yaitu lapisan terluar yang waterproof untuk menghalau droplet atau percikan cairan dari luar, lapisan tengah sebagai filter dan lapisan dalam untuk menyerap cairan dari mulut atau hidung pengguna. Namun masker jenis ini lebih diprioritaskan untuk orang sakit dan petugas medis yang lebih beresiko terpapar virus corona. 


Masker Kain sebagai Alternatif




Foto: https://freepik.com/

Dibanding masker bedah sekali pakai, masker berbahan kain memiliki efektivitas yang lebih rendah untuk menghalau virus corona yang ditularkan melalui droplet. Dikutip dari Detik Health, masker kain hanya mampu menangkal 70% partikel droplet berukuran kecil karena umumnya masker ini terbuat dari bahan yang memiliki serat berpori.

Namun dengan semakin bertambahnya jumlah pasien positif corona dan terbatasnya stok masker bedah di pasaran, pemerintah kini menganjurkan masyarakat yang sehat untuk memakai masker kain saat keluar rumah daripada tidak memakai perlindungan sama sekali.


Penggunaan Tak Lebih dari 4 Jam



Foto: https://shopee.co.id/bravo_projects/

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masker kain dapat bekerja lebih maksimal ya, Ladies. Pastikan kamu memilih masker kain yang minimal memiliki 3 lapisan dan terbuat dari bahan kain nonwoven yang berserat rapat. Waktu pemakaian pun disarankan tidak lebih dari 4 jam dan pastikan kamu rutin mencuci masker dengan detergen setelah digunakan.

Selain itu, kamu tetap dihimbau untuk menjaga jarak 1 - 2 meter dengan orang lain saat di tempat umum meski tengah memakai masker kain. Penggunaan masker ini juga harus dibarengi dengan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun ya, Ladies.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id