sign up SIGN UP

LIFE

Ciri-ciri Kepribadian Introvert yang Dialami oleh Indira Kalistha

Esra Dopita | Rabu, 20 May 2020 13:00 WIB
Ciri-ciri Kepribadian Introvert yang Dialami oleh Indira Kalistha
caption
YouTuber Indira Kalistha kembali menuai kontroversi. Kali ini, ia mengaku berkepribadian introvert. Lantas, seperti apa kepribadian introvert?

YouTuber Indira Kalistha sepertinya tak pernah selesai menjadi bulan-bulanan netizen setelah pernyataannya yang meremehkan virus corona. Kini, selebgram hijab itu kembali menuai kontroversi. Ia mengaku seorang introvert sehingga mengeluarkan pernyataan meremehkan saat tampil dalam channel YouTube Gritte Agatha. 

Selain itu, Indira juga berkilah dirinya kerap deg-degan ketika berkolaborasi dengan orang lain. Hal ini diungkapkannya saat menjadi bintang tamu dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier. Indira hadir didampingi sang suami, Gustaf Sailendra atau akrab disapa Aa Utap. 


Foto: https://www.instagram.com/indirakalistha/

"Sebenarnya itu gara-gara enggak pernah collabs yang ngobrol-ngobrol serius kayak begitu. Bahkan aku yang collabs ketawa-ketawa aja itu deg-degan banget karena aku sebenarnya orangnya introvert," kata beauty vlogger itu. 

"Karena aku tahu aku orangnya kadang-kadang ngomong dulu baru mikir," tambahnya.  


Foto: https://www.instagram.com/indirakalistha/

Lagi-lagi, pernyataan Indira kembali menuai kontroversi, bahkan sampai menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Banyak yang netizen yang tak setuju bahwa Indira berkepribadian introvert. Mereka menganggap hal itu hanya akal-akalan keduanya serta upaya mengkambinghitamkan introvert. 

Lantas, apa sih sebenarnya introvert itu? Apakah benar Indira Kalistha berkepribadian introvert?



Cenderung Pendiam


Foto: https://www.instagram.com/indirakalistha/

Dilansir dalam laman Healthline, introvert merupakan tipe kepribadian seseorang yang lebih fokus pada perasaan atau hal-hal dalam dirinya dibanding di luar diri atau lingkungan sekitarnya. Namun, perlu diingat, kepribadian introvert tak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. 

Orang-orang dengan introvert cenderung memiliki kepribadian pendiam, tidak suka menjadi perhatian, lebih memilih menyendiri, serta memiliki lingkaran pertemanan yang kecil. Selain itu, kepribadian introvert juga tak suka berkumpul atau berinteraksi dengan banyak orang dan lebih suka bekerja sendiri. 


Foto: https://www.instagram.com/indirakalistha/

Meski demikian, bukan berarti orang introvert tak bisa bersosialisasi atau menghindari acara bersama orang lain. Mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang. Hanya saja, merasa tak nyaman dan tak suka berlama-lama berada di suatu perkumpulan. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu bersama orang terdekat dibanding bertemu orang baru. 

Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrovert yang lebih aktif dan senang bersosialisasi dengan banyak orang. Meski begitu, tak ada seseorang yang betul-betul 100 persen memiliki satu kepribadian, baik itu introvert maupun ekstrovert. Beberapa orang ada yang teridentifikasi di antara keduanya, yakni ambivert. Semuanya tergantung pada situasi. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id