sign up SIGN UP

LIFE

COVID-19: Kapan Wabah Virus Corona Berakhir dan Kehidupan Kembali Normal?

Rumaysha Milhania | Minggu, 29 Mar 2020 15:00 WIB
COVID-19: Kapan Wabah Virus Corona Berakhir dan Kehidupan Kembali Normal?
caption
Wabah virus corona memberikan dampak yang begitu besar terhadap kehidupan masyarakat dunia. Hal ini tentu juga dialami oleh orang-orang Indonesia di mana kehidupan tidak lagi berjalan normal. Para pekerja kantor harus bekerja dari rumah, anak-anak tidak lagi bisa ke sekolah, jalanan sepi hingga pedagang kehilangan pelanggan. Ini mungkin tampak seperti mimpi buruk. Lalu, kapankah wabah ini berakhir dan semua kehidupan kembali berjalan normal?


Wabah virus corona yang menyebar di seluruh dunia membuat berbagai negara akhirnya shutdown. Tempat-tempat yang biasanya ramai dengan hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari berubah menjadi kota yang sepi tanpa ada orang yang datang. Kehidupan perekonomian pun lumpuh mendadak. Akibatnya, banyak orang-orang menderita dengan segala dampak serius dari wabah ini. 
 


Foto: https://www.spiegel.de/


Tentu semua orang berharap ini semua segera berakhir. Khususnya mereka yang makan dari penghasilan sehari-hari. Para pemimpin negara pun berusaha meyakinkan masyarakatnya bahwa ini akan segera berakhir, setidaknya dalam waktu beberapa minggu. Namun, kapan sebenarnya kehidupan benar-benar akan kembali normal?
 



Meratakan Kurva

Tujuan utama dari karantina yang diterapkan oleh banyak negara adalah untuk meratakan kurva sehingga memastikan bahwa orang yang terjangkit virus corona berada dalam jumlah yang sesuai dengan kapasitas sistem kesehatan. Jika melebihi kapasitas, dikhawatirkan akan semakin banyak korban meninggal, begitu pula dengan tenaga kesehatan yang juga akan menurun kemampuannya karena kewalahan dengan banyaknya pasien.
 



Foto: https://www.nytimes.com/


Vaksin Virus Corona

Saat masyarakat melakukan karantina dan tenaga kesehatan menjalani tugasnya untuk menangani pasien, para ilmuwan dari berbagai negara berlomba-lomba mencari tahu vaksin yang tepat virus corona ini. Jika sudah ditemukan, tentu akan sangat mudah untuk bisa memberikan masyarakat kekebalan sehingga mereka tidak akan sakit jika terpapar virus. 
 


Foto: https://www.spiegel.de/


Sayangnya, dari WHO pun masih belum bisa memastikan kapan vaksin akan bisa digunakan. Hingga saat ini prediksi yang ada adalah vaksin akan ditemukan selama kurang lebih 12 hingga 18 bulan. Itu pun jika semuanya berjalan lancar. Tentu itu adalah wakut yang sangat lama jika harus dijalani dengan karantina wilayah.
 



Dengan kata lain, kita masih belum bisa memastikan kapan vaksin akan bisa digunakan. Belum ada pula yang bisa memprediksi kapan wabah virus ini akan usai. Namun, yang bisa kita lakukan adalah bersama-sama berkontribusi menahan penyebaran virus ini dengan menjaga jarak sosial dan menjaga kebersihan. 
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id