sign up SIGN UP

LIFE

Dear Ladies, Ini Dia 6 Panduan Mudah untuk Merawat Hamster!

Meiskhe F | Sabtu, 24 Jun 2017 02:30 WIB
Dear Ladies, Ini Dia 6 Panduan Mudah untuk Merawat Hamster!
caption
Apakah kamu salah satu yang jatuh hati kepada hewan mungil hamster, dan berniat memeliharanya? Ingat ladies, merawat hamster itu harus telaten dan sabar lho. Kalau kamu bisa telaten dan sabar, maka hamster akan menyayangimu sehingga jadi lebih mudah dalam merawatnya. Nah, berikut adalah tips memelihara hamster yang wajib kamu terapkan!



1) Kenali Jenis Hamster yang Ingin Kamu Pelihara

Tips memelihara hamster yang pertama adalah ketahui jenis hamster yang ingin dipelihara. Jenis hamster ada puluhan, di antaranya hamster Sirian, Campbell, Winter White, Roborovski, Hibrida dan sebagainya. Temukan jenis yang pas untukmu. Lalu, perhatikan pula usia hamster. Ada baiknya kamu memelihara hamster muda berusia satu bulanan agar lebih mudah beradaptasi.


Foto: https://www.peta.org/living/companion-animals/pet-hamster-facts/


 


2) Siapkan Kandang yang Nyaman

Kandang adalah rumah hamster, jadi sehat atau tidaknya hamster sangat bergantung pada kondisi kandang. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menyiapkan kandang, yaitu alas dan ukuran. Untuk alas, kamu bisa serbuk kayu yang bisa menyerap sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Ukuran kandangan sebaiknya agak luas, karena hamster suka sekali berlarian sehingga membutuhkan space luas.


Foto: https://id.pinterest.com/explore/big-hamster-cages/


 


3) Sediakan Makanan yang Baik dan Air Bersih

Kamu wajib tahu makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada hamster. Beberapa makanan yang disukai hamster seperti kacang-kacangan, wortel, beras merah dan biji bunga matahari. Sediakan wadah khusus untuk menampung makanan begitu pula dengan wadah untuk air. Hindari menyebar makanan di dalam kandang karena bisa bercampur dengan kotoran hamster.


Foto: https://hamsterhideout.com/forum/topic/72104-delikate-super-premium-mix-hamster-food-115kg/


 


4) Mainan untuk Hamster

Hamster termasuk hewan kecil yang aktif dan suka bermain. Karena itu, lengkapi kandangnya dengan mainan berupa roda putar atau hamster ball, tali atau rantai untuk memanjat dan lain-lain. Dengan menambahkan mainan ini maka hamster akan aktif dan meningkatkan kebahagiaannya.


Foto: https://www.sheknows.com/pets-and-animals/articles/964711/creating-a-fun-play-space-for-small-pets


 


5) Jangan Malas Mencuci Kandang

Kamu perlu mencuci kandang hamster sekali dalam seminggu agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap. Kandang, mainan dan aksesori harus dicuci semua hingga benar-benar bersih. Serbuk kayu yang jadi alas kandang harus diganti setidaknya seminggu sekali, atau langsung ganti kalau sudah terlalu basah, kotor dan sudah berbau.


Foto: https://rumahamsterikky.blogspot.co.id/2013/07/hamster-dan-grosir-perlengkapan-hamster.html


 




6) Hamster Tidak Boleh Terkena Air

Hamster adalah hewan yang tidak boleh terkena air karena itu jangan pernah memandikannya. Khusus untuk persediaan minum, sebaiknya air dimasukkan ke dalam wadah khusus yang tidak mudah tumpah, agar tidak membuat kandang becek. Tempat minum khusus ini bisa kamu beli di toko perlengkapan hewan peliharaan.


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=KQFKN0XwK6w

Semoga tips ini bisa bermanfaat buatmu ya, ladies!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id