sign up SIGN UP

LIFE

Di Indonesia Ternyata Ada Juga Lho Perayaan Natal yang Unik!

Mei Hidayah | Minggu, 22 Dec 2019 02:00 WIB
Di Indonesia Ternyata Ada Juga Lho Perayaan Natal yang Unik!
caption
Perayaan Natal identik dengan kebiasaan atau tradisi yang berbeda di setiap daerah. Tak heran jika banyak sekali tradisi unik yg muncul di daerah-daerah di Indonesia. Perayaan Natal yang unik ini apakah juga terjadi di daerahmu? Yuk simak, apa aja sih tradisi unik natal ini!

Meriam Bambu (Flores)


Perayaan Natal yang menjadi tradisi unik di Flores adalah meriam bambu. Sudahkah kamu mengenal tradisi unik ini? Tradisi unik di Flores ini terjadi pada malam Natal. Pada malam Natal, suara petasan ini berasal dari meriam bambu sederhana.

Nah, suara meriam bambu ini menjadi pertanda kebahagiaan menyambut kelahiran Yesus Kristus. Selain tradisi Meriam Bambu, di Flores diadakan kompetisi membuat Kandamg Natal. Tips Natal yang unik ini bisa kamu lakukan di tempat tanah lapang yang luas.
Foto: Istimewa


 


Rabo-Rabo (Jakarta)


Kamu tinggal di Jakarta? Tentu kamu sudah tak asing dengan perayaan unik Natal yang satu ini bukan? Ya, perayaan Natal di Jakarta ini dikenal dengan Rabo-Rabo. Tradisi ini adalah peninggalan Portugis yang sampai saat ini masih dilestarikan di Jakarta.

Pada tradisi ini, setiap orang yang pulang dari gereja akan saling berkunjung ke rumah tetangga sambil diiringi musik. Unik bukan? Tak hanya di situ, di akhir acara pun tradisi unik ini diakhiri dengan dipakainya bedak warna-warni ysng menjadi simbol bentuk saling memaafkan sesama umat. 
Foto: Istimewa


 


Wayang Kulit (Jogjakarta)


Wayang kulit menjadi salah satu perayaan yang sangat ditunggu di Jogjakarta, apalagi menjelang Natal. Di Yogyakarta, pagelaran wayang kulit Ini biasanya menceritakan kelahiran Yesus Kristus. Wah, begitu kental ya adat Jawa di perayaan Natal ini! Tips Natal ini bisa menjadi pilihan yang pas saat kamu merayakan Natal di Jogja.
Foto: Istimewa


 


Ngejot (Bali)


Perayaan Natal juga terjadi di Bali lho! Meskipun kebanyakan masyarakat Bali beragama Hindu, namun tak menutup kemungkinan bahwa masyarakat Bali juga ada yang beragama Kristen. Ngejot adalah tradisi Natal yang biasanya diwarnai dengan memasak aneka makanan khas Bali yang kemudian dibagikan ke tetangga sekitar meskipun berbeda keyakinan. Tradisi ini menjadi simbol toleransi antar umat beragama di Bali. 
Foto: Istimewa


 


Kunci Taon (Manado)


Natal biasanya diwarnai saat malam perayaan Natal. Namun, tradisi unik di Manado ini sangat berbeda. Perayaan Natal di Manado yang dikenal dengan Kunci Taon ini ditandai dengan merayakan Natal pada awal Desember yaitu tanggal 1 Desember.

Perayaan Natal ini dilakukan dengan memgunjungi kuburan kerabat atau  kemudian makan bersama di sana. Saat itu juga, kuburan akan dihiasi dengan lampu hias yang indah. Tips natal ini menjadi sesuatu yang menarik di Manado bukan!
Foto: Istimewa
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id