sign up SIGN UP

LIFE

Dikenal Paling Angker, Berani Daki Gunung di Pulau Jawa Ini?

Jovita | Selasa, 25 Feb 2020 07:00 WIB
Dikenal Paling Angker, Berani Daki Gunung di Pulau Jawa Ini?
caption
Sebelum memutuskan untuk mendaki gunung, ada banyak hal yang perlu Beautynesian persiapkan. Mulai dari mempelajari jalurnya, perbekalan yang harus dibawa, hingga tata krama yang perlu ditaati. Percaya atau tidak, banyak hal aneh dan tidak masuk akal yang terjadi pada para pendaki gunung. Bisa karena melanggar tata krama atau memang akibat keangkeran gunung tersebut, seperti 5 gunung paling angker di Pulau Jawa berikut.

1. Gunung Merapi


Source: id.pinterest.com
Gunung paling angker di Pulau Jawa yang pertama adalah Gunung Merapi. Gunung ini mulai dikenal sejak peristiwa erupsi yang membuat banyak desa di lerengnya kini menjadi desa mati. Masyarakat sekitar percaya bahwa Gunung Merapi merupakan istana para lelembut yang dapat membuat para pendaki tersesat, bahkan meninggal jika melanggar pantangan dan tata krama di gunung tersebut.

Di gunung ini, juga terdapat satu tempat yang dinamakan Pasar Bubrah. Tempat ini dipercaya menjadi spot yang paling angker di gunung tersebut karena kabarnya merupakan tempat berkumpulnya makhluk halus. Pasar Bubrah merupakan tempat berkumpul dan bersosialisasinya masyarakat gaib yang ada di sini.

Batu-batu yang ada di situ dipercaya adalah meja dan kursi untuk para mahluk gaib. Karena lokasinya yang dekat dengan puncak, makanya banyak pendaki yang menggunakan tempat ini untuk berkemah dan menginap semalam. Berdasarkan cerita beberapa pendaki, jika malam menjemput, sering terdengar suara keramaian seperti di pasar.

2. Gunung Lawu


Source: id.pinterest.com

Selain Merapi, gunung paling angker di Pulau Jawa lainnya adalah Gunung Lawu. Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga memiliki tingkat misteri tak kalah tinggi dibandingkan dengan gunung angker lain di Pulau Jawa.

Di sekitar Gunung Lawu terdapat banyak makam yang dipercaya adalah makam para raja zaman kerajaan dahulu. Hal ini membuat semua pendaki tidak boleh sembarangan dalam melakukan pendakian atau akibatnya akan fatal jika melanggar aturannya. 

Beberapa pantangan yang harus ditaati di antaranya dilarang bicara sembarangan, tidak boleh memakai baju atau jaket berwarna hijau daun dan dilarang mendaki dalam grup yang jumlah anggotanya ganjil.

Masyarakat sekitar juga percaya ada pasar setan di gunung ini. Jadi jika ingin selamat, jangan melanggar aturan di gunung ini, ya. Jangan sampai tindakan ceroboh membuat kamu terjebak dalam pasar setan.


5. Gunung Halimun


Source: id.pinterest.com

Salah satu gunung paling angker di Pulau Jawa, Gunung Halimun dipercaya merupakan benteng dari kerajaan Prabu Siliwangi yang terkenal sakti. Maka tak heran banyak orang yang mengatakan bahwa Gunung Halimun adalah salah satu gunung yang sangat angker dan penuh misteri.

Terletak bersebelahan dengan Gunung Salak menambah aura mistis Halimun. 
Konon kabarnya, ada satu daerah di gunung ini yang dilarang untuk dilewati karena sangat sakral. Jika ada yang berani melanggar dan melewatinya, maka akan terjadi sesuatu yang sangat berbahaya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id