sign up SIGN UP

LIFE

Enggak Cuma Buat Rambut, 5 Manfaat Tersembunyi Lidah Buaya Ini Wajiba Kamu Tahu!

Siti Annisa | Kamis, 27 Dec 2018 07:30 WIB
Enggak Cuma Buat Rambut, 5 Manfaat Tersembunyi Lidah Buaya Ini Wajiba Kamu Tahu!
caption
Sebagai pencinta tanaman, ada baiknya jika kamu juga turut menanam lidah buaya di pekarangan rumahmu, Ladies. Sebab, lidah buaya ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna untuk perawatan tubuh. Selain bentuknya yang indah, lidah buaya memang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan kulit dan rambut. Enggak percaya? Yuk, kita buktikan dengan ulasan mengenai lidah buaya di bawah ini!

1. Kandungan Lidah Buaya


Foto: https://authorityremedies.com

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B, asam folat, B12, vitamin C dan E di dalam dagingnya. Nah, masing-masing kandungannya itu memiliki fungsi yang sangat baik untuk tubuh. Misalnya saja, vitamin B di dalam lidah buaya bermanfaat baik untuk saraf dan otot, serta mampu meredakan nyeri. Lalu, kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi di dalamnya juga berguna untuk pembentukan sel darah merah, padahal biasanya vitamin B12 cuma terkandung di dalam tubuh hewan, lho.

Juga ada kandungan vitamin C dan E yang baik untuk imunitas dan kesehatan kulit, juga reproduksi. Selain beberapa kandungan tersebut, lidah buaya juga mengandung kalsium, kromium, sodium, selenium, magnesium, potassium mangan, dan zink, yang pastinya dapat memuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Lidah buaya juga memiliki antioksidan, di mana jika dikombinasikan dengan vitamin dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV.


2. Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut


Foto: https://unsplash.com

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menangkal kerontokan rambut. Sehingga, rambut yang menggunakan masker lidah buaya akan lebih kuat dibanding rambut yang tak pernah dirawat dengan lidah buaya. Karena itulah, lidah buaya juga membuat rambut terhindar dari kebotakan karena akar rambut yang kuat. Selain itu, lidah buaya juga mampu menjadi kondisioner alami, sebab efek pendinginan yang diberikan lidah buaya untuk rambut dapat menyebabkan rambutmu lebih lembap. Jika kamu rutin menggunakan masker atau gel lidah buaya alami untuk rambutmu, maka kulit kepalamu akan terbebas dari serangan ketombe!


3. Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah


Foto: https://unsplash.com

Selain untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk wajah karena mampu melembapkan dan meremajakan kulit wajahmu. Terutama untuk kamu si pemilik wajah kering, kandungan pada lidah buaya mampu meningkatkan kadar minyak pada wajah dan menghidrasi kulit wajahmu. Bukan cuma itu, lidah buaya juga bisa membantu melawan bakteri munculnya jerawat dan komedo karena sifatnya yang anti-mikroba. Oh iya, lidah buaya ternyata juga mampu mengencangkan dan menunda penuaan pada kulit wajahmu, lho. Sedangkan, untuk kamu yang memiliki flek hitam maupun bekas jerawat di wajah, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menghilangkannya secara alami! Wow!


4. Manfaat Lidah Buaya untuk Bibir


Foto: https://unsplash.com

Siapa yang sangka, jika lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk bibir? Yap, lidah buaya memang mengandung polisakarida yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen serta sel kulit yang baru. Selain itu, lidah buaya juga mampu memperlambat kerusakan sel pada kulit bibir. Makanya, tak jarang kita temukan berbagai produk pelembap bibir yang menggunakan lidah buaya sebagai kandungan alaminya. Tak cuma itu, lidah buaya ternyata juga mampu menyembuhkan sariawan, lho.  Sebab, antrakuinon yang terkandung dalam lidah buaya ternyata dapat mengurangi rasa sakit karena bersifat antiinflamasi.


5. Manfaat Lidah Buaya untuk Luka


Foto: https://alliedhealthgroup.files.wordpress.com

Sementara untuk luka, lidah buaya bermanfaat untuk menyembuhkan ruam dan iritasi kulit yang kerap mengganggu kenyamanan kulitmu. Selain itu, ekstrak lidah buaya juga dapat mengobati luka bakar dan mencegah pengaruh buruk sinar ultraviolet yang tentunya berpengaruh pada luka. Selain itu, asam amino, vitamin B1, B2, B6, dan C juga mampu menyembuhkan luka lebih cepat. Sebab, kandungan alaminya itu bertindak sebagai pengobat rasa sakit alami dan melahirkan antibodi yang dibutuhkan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.


6. Manfaat Lidah Buaya untuk Sakit Gigi dan Radang Tenggorokan


Foto: https://unsplash.com

Lidah buaya mempuanyai fungsi sebagai antioksidan, anti-radang, dan anti-bakteri, sehingga mampu mengobati rasa ngilu pada gigi berlubang, mengurangi pendarahan pada gusi, mengatasi penyakit pada gusi, serta mengobati rasa sakit pada gigi. Selain itu, lidah buaya juga bisa meredakan radang tenggorokan juga, lho!

Gimana, Ladies? Banyak kan, manfaat lidah buaya yang belum kamu tahu? Yuk, saatnya kita manfaatkan lidah buaya yang ada di pekarangan!


(Editor/Rizki Astuti)


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id