sign up SIGN UP

LIFE

Enggak Usah Takut! Ini Dia Cara Tepat Menghadapi Catcalls di Tempat Umum

Rumaysha Milhania | Jumat, 24 Aug 2018 13:30 WIB
Enggak Usah Takut! Ini Dia Cara Tepat Menghadapi Catcalls di Tempat Umum
caption
Tidak bisa dipungkiri, catcalling masih menjadi hal yang sangat mengganggu, khususnya bagi para perempuan yang sedang berjalan di tempat umum. Kebanyakan para wanita hanya bisa diam dalam menghadapi tindakan yang sebenarnya masuk dalam kategori pelecehan ini. Padahal, kamu bisa melakukan perlawanan agar tindakan catcalling dapat perlahan berkurang. Yuk, intip cata tepat menghadapi catcalls di tempat umum berikut ini!


Fenomena Catcalls
 


Foto: https://www.yourtango.com/


Fenomena catcalls sudah menjadi isu yang tidak kunjung usai. Para pelaku terus mengalami regenerasi karena kebiasaan yang dianggap lumrah. Padahal, jelas mengganggu wanita meskipun hanya dengan siulan adalah sebuah tindakan pelecehan. Sebagai wanita, kamu juga harus melakukan tindakan tegas agar hal-hal seperti ini dapat berkurang. Nah, berikut ini adalah tindakan yang bisa kamu lakukan perlahan agar pelaku bisa sadar dan jera. 
 



1. Berhentilah Berjalan dan Tatap Tajam Orang-Orang Yang Menggodamu
 


Foto: https://www.nydailynews.com/


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi gangguan dari para pria di pinggir jalan adalah dengan menunjukkan bahwa kamu tidak menyukai hal yang mereka lakukan. Jangan langsung menghindar, mereka akan senang dan tertawa melihat hal tersebut. Cobalah untuk berhenti dan tatap taham orang-orang yang menggodamu. Sebagian besar mereka akan diam dan tidak lagi bisa tertawa setelah mengganggumu.
 



2. Jawab Ujaran Mereka Dengan Kata-Kata Tegas 
 


Foto: https://miignon.com/


Gangguan yang dihadapi wanita saat berjalan sendiri tidak hanya berupa siulan, tetapi juga pujian seperi, "duh, cantik banget!", "wah, seksi banget nih.", "adem banget minta dihalalin, ya" atau lain sebagainya. Meskipun itu semua pujian, ujaran-ujaran tersebut kerap kali membuat wanita merasa dilecehkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjawab, "anda juga keren jika bisa memberi respek pada perempuan!" atau "anda juga akan semakin berwibawa jika mulutnya bisa lebih dijaga!"
 



3. Sadarkan Bahwa Tindakan Mereka Keterlaluan
 


Foto: https://miignon.com/


Para pria yang kerap mengganggu wanita yang sedang berjalan sendiri mencerminkan bagaimana perilaku mereka pada wanita secara keseluruhan. Selain itu, mereka bisa saja lupa dengan ibu atau saudara perempuan mereka yang mungkin saja menjadi korban catcalls di pinggir jalan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengatakan, "saya harap ibu dan saudara perempuanmu tidak pernah diganggu dengan orang-orang seperti anda." Dengan begitu, harapannya dia akan menjadi tersadar bahwa tindakannya salah.

Jadi, jangan takut menghadapi catcalls, ya!
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id