sign up SIGN UP

LIFE

Girls! Ini Lho Tips Membersihkan Kamar ala Marie Kondo Untuk Bikin Kamar Rapi

Rumaysha Milhania | Rabu, 30 May 2018 07:30 WIB
Girls! Ini Lho Tips Membersihkan Kamar ala Marie Kondo Untuk Bikin Kamar Rapi
caption
Menjelang Ramadan dan Idul Fitri, kamu pasti harus mulai menyiapkan rumah serta ruangan seisinya untuk segera dirapikan. Apalagi mengingat akan ada acara buka bersama teman, keluarga hingga silaturahim di hari raya yang dilakukan di rumah. Nah, bagi kamu yang kebagian untuk bertugas merapikan dan membersihkan kamar, intip panduan membersihkan kamar ala Marie Kondo berikut ini!


1. Pisahkan Benda Sesuai Kategorinya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan kotak-kotak sebagai wadah untuk memisahkan benda-benda di dalam kamar. Mulailah mengelompokkan, baju-baju, buku, aksesoris, produk-produk makeup, hingga benda-benda elektronik. Jika sudah, kamu bisa mulai mengeliminasi benda-benda yang sudah tidak terpakai. Jika kamu ragu-ragu, sebaiknya singkirkan saja karena tanpa disadari benda yang sbnrnya jarang dipakai memang akan tidak terpakai nantinya.
 


Foto: https://www.instagram.com/mariekondo/


 



2. Mulai Menyeleksi Dari Barang Yang Tidak Penuh Arti

Jika kamu sering kesulitan dalam menyeleksi benda-benda yang ingin disingkirkan, mulailah dari barang-barang yang kurang berarti, misalnya adalah pakaian. Biasanya, pakaian tidak meninggalkan kenangan pada satu hal sehingga kamu dapat menyingkirkannya karena kondisinya yang sudah jelek, ukurannya yang tidak muat, atau modelnya yang sudah kuno. Dilanjutkan dengan benda yang biasanya berarti sentimentil seperti pajangan, suvenir, dan album foto disarankan.
 


Foto: https://www.instagram.com/mariekondo/


 



3. Pastikan Semua Benda Memiliki Tempat

Jangan biarkan benda tergeletak atau tergantung tanpa tempat yang layak. Pastikan kamu benar-benar menyiapkan semua benda dengan tempat yang seharusnya menempatinya. Hal ini akan membuat kamar kamu lebih tertata dengan rapi. Jika kamu mendapatkan ada sepatu yang menumpuk, aksesoris yang kusut, atau buku-buku yang tidak beraturan, itu berarti kamar kamu masih berantakan. Hargai setiap benda yang kamu punya dengan menyimpannya dengan layak.
 


Foto: https://www.instagram.com/mariekondo/


 



4. Siapkan Kotak Sekat Untuk Menyimpan Benda

Terakhir, kamu juga bisa menata benda-benda dengan menyiapkan kotak sekat. Kamu dapat menggunakannya untuk menyimpan aksesoris di dalam laci, kabel-kabel, skincare, hingga pakaian dalam, atau hijab di lemari. Cara ini untuk membuat tempat penyimpanan dapat digunakan secara efektif dan memudahkan kamu dalam mencari barang.
 


Foto: https://www.instagram.com/mariekondo/


Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa merapikan kamar dengan baik. Kamu juga bisa melakukannya untuk merapikan ruang tengah, ruang tamu, dan dapur. Selamat mencoba, ya!
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id