sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati! Ketika Stres, Inilah Bagian Tubuh Wanita yang Akan Terkena Dampak

Yesinia Agnesaputri | Senin, 23 Jan 2017 06:00 WIB
Hati-Hati! Ketika Stres, Inilah Bagian Tubuh Wanita yang Akan Terkena Dampak
caption
Buat kamu yang suka stres dengan tugas atau pekerjaan yang menumpuk, kamu harus berhati-hati karena stres yang berlebihan bisa menimbulkan masalah serius pada bagian tubuhmu ini!


Otak



Foto: https://ww2.kqed.org/mindshift/tag/brain-research/


Ketika kamu sedang stres, hipotalamus, salah satu bagian otak akan mengirimkan sinyal kepada Autonomic Nervous System (ANS) atau Sistem Saraf Otonom untuk memproduksi kortisol dan juga epinephrine (adrenalin). Kortisol yang berlebihan ini bisa mengganggu kemampuan belajar dan juga mengingat lho. Jika hal ini dibiarkan berlarut, tingkat kortisol yang tinggi bisa menyebabkan gangguan mental.
 



Jantung



Foto: https://thetechjournal.com/wp-content/uploads/2013/03/Human-Heart.jpg


Stres juga bisa mengganggu kesehatan jantungmu lho. Stres yang berkelanjutan bisa menyebabkan serangan jantung, hipertensi, dan juga stroke. Bahkan, sebuah penelitian di Denmark menunjukkan bahwa wanita pekerja yang terbebani dengan banyak pekerjaan memiliki risiko yang tinggi terserang gangguan pada jantung. Selain itu, penelitian yang dilakukan pada wanita karir di Beijing menunjukkan bahwa beban pekerjaan bisa mempertebal dinding jantung yang merupakan tanda-tanda awal penyakit jantung. 
 



Sistem Pernapasan



Foto: https://id.pinterest.com/pin/450641506440836794/


Selain menyerang jantung, tingkat stres yang tinggi juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Pada awalnya, kamu akan merasa sesak ketika bernapas dan lama-kelamaan jika dibiarkan begitu saja bisa memicu penyakit asma. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan panic attack di mana kamu akan merasa kesulitan bernapas. 
 



Sistem Reproduksi



Foto: https://www.copenhagenfertilitycenter.com/uk/barnloeshed/det-kvindlige-reproduktive-system.htm


Jangan heran jika siklus menstruasimu tiba-tiba tidak lancar ketika kamu sedang stres. Karena ternyata, stres juga bisa menjadi penyebab sistem reproduksi yang tidak lancar lho. Permasalahan seperti menstruasi yang terlambat, keram, atau menstruasi yang berlangsung lama bisa terjadi jika kamu terlalu stres. Hal ini disebabkan karena stres akan memperlambat proses ovulasi sehingga menstruasimu menjadi terlambat. Selain itu, stres dan rasa pusing juga bisa mengurangi sexual desire dan meningkatkan symptom PMS seperti mood swing dan juga moody. 
 



Liver



Foto: https://www.pinkjooz.com/index.php/virtual-liver-product-by-iisc-professor-patented-in-us/liver-illustration1/


Ketika kamu sedang stres-stresnya karena masalah pribadi ataupun pekerjaan yang menumpuk, organ livermu juga bisa terkena dampaknya lho. Jika tingkat stres terlalu tinggi, hal ini akan memicu hati untuk memproduksi glukosa lebih banyak, and this is not good for your body. Kadar glukosa yang tinggi ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti diabetes dan juga obesitas. So, stay away from things that make you stress!
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id