sign up SIGN UP

LIFE

Hindari 8 Kesalahan Saat Keramas Agar Rambut Lebih Sehat

Sheren Alicia | Rabu, 29 Jul 2015 01:30 WIB
Hindari 8 Kesalahan Saat Keramas Agar Rambut Lebih Sehat
caption
Keramas atau mencuci rambut setelah seharian melakukan aktivitas dan berkeringat tentu sangat menyegarkan. Terlebih lagi jika rambut Minasan terasa lepek dan berminyak, maka keramas mungkin dapat mengembalikan kesegaran rambut. Tapi, ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan saat keramas. Apa sajakah kesalahan-kesalahan itu?

1. Keramas Seperlunya Saja


Terlalu sering keramas bisa membuat rambut menjadi lepek atau berketombe. Jika Minasan sering melakukan aktivitas di luar ruangan saat cuaca panas atau rambut Minasan tergolong berminyak, maka perlu mencuci rambut setiap hari. Tetapi jika cuaca sedang dingin, maka Minasan bisa keramas dua atau tiga hari sekali.
Foto: https://www.livestrong.com/article/270216-hair-care-tips-for-fine-thin-oily-hair/
Seorang ahli kesehatan kulit yang berasal dari Universitas Colombia bernama Michelle Hanjani mengatakan bahwa, "Jjika kamu keramas setiap hari, maka kamu akan menghanyutkan minyak yang diproduksi oleh rambut, akibatnya kelenjar minyak justru akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengganti sabum yang hanyut tersebut."https://vevnews.blogspot.com/2015/01/bahaya-terlalu-sering-keramas.html

2. Sering Keramas Menggunakan Sampo


Mungkin bagi sebagian Minasan merasa bahwa keramas tanpa menggunakan sampo bukanlah keramas. Tapi terlalu sering menggunakan sampo saat keramas justru bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan merusak akar rambut. Minasan bisa coba sesekali mencuci rambut tanpa menggunakan sampo. Dengan begitu, nutrisi dari air akan langsung masuk ke dalam rambut.
It's actually gotten much, much, much better than it used to be. I can now say strongly that i'm strictly water-only. And daggone it feels good! - Alexraye, beauty bloggerhttps://almostexactlyblog.com/tag/rinse-only-method/

3. Menggosok Terlalu Kuat


Jangan terlalu kuat menggosok kulit kepala saat keramas dan hindari menggosok atau memijat kulit kepala menggunakan kuku. Akar rambut akan menjadi lemah jika Minasan keramas dan menggosoknya dengan kuat, sehingga bisa membuat rambut menjadi cepat rontok. Oleh karena itu, pijat dan gosoklah kulit kepala dengan lembut saat keramas.
Foto: https://www.webmd.boots.com/healthy-skin/ss/slideshow-dry-hair

4. Keramas Menggunakan Air yang Terlalu Panas


Kebanyakan orang keramas menggunakan air panas saat sedang sakit. Ternyata hal itu justru dapat merusak rambut. Keramas menggunakan air panas bisa membuat rambut menjadi kering dan rusak. Jadi, daripada menggunakan air panas, cobalah menggunakan air hangat saat keramas. Semakin dingin air yang digunakan, maka semakin lembab rambut Minasan.
Foto: https://www.thatdesigirl.com/7-steps-perfect-shave-ladies/

5. Sering Mengganti Produk Rambut


Semakin banyaknya produk rambut yang ditawarkan, maka semakin bingung Minasan untuk memilihnya. Jika Minasan sudah mendapatkan produk rambut yang cocok, maka jangan tergiur untuk menggantinya. Ini dilakukan agar rambut Minasan terhindar dari kemungkinan kerusakan atau masalah rambut yang akan timbul jika rambut Minasan tidak cocok dengan produk yang baru.
Foto: https://www.wisegeek.com/how-do-i-choose-the-best-gray-hair-products.htm

6. Terburu-buru Saat Menggunakan Conditioner


Bagi sebagian Minasan yang menggunakan conditioner, ada baiknya jika conditioner didiamkan pada rambut selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas. Sambil didiamkan, sisirlah rambut menggunakan sisir bergigi jarang atau menggunakan jari tangan. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Perlu diingat, gunakan conditioner dari tengah hingga ujung rambut. Hindari menggunakannya di akar rambut.
Foto: https://www.enkivillage.com/coconut-oil-conditioner.html

7. Tidak Membilas Rambut Menggunakan Air Dingin


Setelah Minasan mandi menggunakan air hangat, jangan lupa untuk membilas rambut menggunakan air dingin. Membilas rambut menggunakan air dingin bisa membantu Minasan untuk mendapatkan rambut yang berkilau dan sehat.
Foto: https://www.tnnegypt.com/care-curly-hair/

8. Mengeringkan Rambut dengan Cara Yang Salah


Saat hendak mengeringkan rambut setelah keramas, jangan menggosoknya terlalu kuat menggunakan handuk. Menggosok rambut terlalu kuat bisa membuat rambut menjadi rusak dan cepat rontok. Biarkan handuk menyerap air dari rambut yang basah. Minasan juga bisa mengeringkan rambut dengan cara dianginkan (menggunakan kipas angin) atau hair dryer. Sisirlah rambut setelah kering.
Foto: https://www.urbanewomen.com/9-ways-to-de-frizz-your-hair.html
Dengan memperhatikan beberapa kesalahan saat keramas, Minasan bisa mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Perlu diperhatikan juga bahwa kondisi rambut setiap orang berbeda-beda. Pilihlah produk rambut yang sesuai dengan kebutuhan Minasan.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id