sign up SIGN UP

LIFE

Identik dengan Hijau dan Merah, Ternyata Begini Makna Warna Natal

Desya Fitriyani | Rabu, 25 Dec 2019 02:00 WIB
Identik dengan Hijau dan Merah, Ternyata Begini Makna Warna Natal
caption
Enggak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun 2019. Itu berarti tandanya perayaan Natal akan sebentar lagi datang. Untuk menyambut perayaan Natal biasanya kamu akan menghias rumah dengan dekorasi-dekorasi Natal ya. Dekorasi Natal yang identik dengan warna hijau dan merah bisa mempercantik dan membuat suasana rumah menjadi lebih hangat lho. Sebenarnya apa sih makna warna hijau dan merah yang menjadi warna Natal tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Makna Warna Hijau


Di luar negeri, umumnya waktu perayaan Natal datang di tengah-tengah musim dingin ya, ladies. Meskipun Natal terjadi di tengah musim dingin, warna hijau terlihat paling menonjol dan ada di mana-mana. Dari pohon Natal yang hijau, hingga karangan bunga yang tergantung di depan pintu. Di akhir musim dingin, orang-orang Romawi akan saling memberi tanaman atau cabang yang hijau sebagai tanda keberuntungan lho.

Orang Romawi biasanya akan memilih tanaman evergreen karena tanaman tersebut enggak pernah kehilangan warna. Warna hijau sendiri dianggap sebagai janji hidup dan musim semi. Biasanya pada perayaan Natal, pohon yang hijau dihias dengan hiasan atau buah-buahan berwarna merah seperti apel dan holly berry.


Foto: https://unsplash.com/


 


Makna Warna Merah


Penggunaan warna merah saat Natal melambangkan buah apel di pohon surga. Apel yang berwarna merah tersebut mewakili kejatuhan Adam ke dunia. Merah juga merupakan warna buah holly berry, buah ini dikatakan sebagai representasi darah darah Yesus ketika mati di kayu salib.

Kemudian, salah satu alasan terbesar mengapa warna merah menjadi warna dominan karena merah merupakan warna pakaian Santa. Legenda Santa Claus sendiri berasal dari St. Nicholas dari Smyrna. St Nick adalah seorang uskup di Turki yang dikenal murah hati kepada anak-anak dan orang yang kurang mampu. Nah, pakaian uskup tersebut berwarna merah, ladies. Sampai saat ini, warna merah menjadi warna yang akan memberikan kesan yang lebih hidup di setiap perayaan Natal.


Foto: https://unsplash.com

Selain hijau dan merah, terdapat warna lain yang identik dengan Natal lho. Warna tersebut adalah warna emas dan putih.
 


Makna Warna Emas


Warna emas jelas merupakan representasi dari logam mulia. Namun pada perayaan Natal, emas memiliki beberapa arti lain. Di luar negeri, sinar matahari tentunya menjadi suatu hal yang langka di musim dingin. Nah, memiliki hiasan emas di rumah dianggap membawa kehangatan, ladies. Warna emas dianggap mewakili kemakmuran dan kekayaan. Emas juga merupakan bagian penting dari kisah Natal karena emas adalah salah satu hadiah yang diberikan orang-orang bijak kepada Yesus.


Foto: https://unsplash.com/


 


Makna Warna Putih


Warna putih sering dikaitkan dengan lambang kemurnian dan kedamaian. Selama festival musim dingin, para pendeta akan mengenakan pakaian serba putih dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk menyambut musim semi mendatang.

Wafer putih digunakan untuk menghias pohon di abad ke-18. Wafer putih dan apel merah adalah simbol Katolik dari tubuh dan darah Kristus. Putih juga secara tradisional dianggap sebagai kesan ramah dan damai. Menjelang perayaan Natal, biasanya banyak yang menutupi rumah dengan warna putih untuk melambangkan penyambutan kelahiran Yesus.


Foto: https://unsplash.com/

Itu lah beberapa makna warna perayaan Natal. Kamu jadi lebih tahu apa arti di balik semua warna dekorasi Natal kan? 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id