sign up SIGN UP

LIFE

Ingin Peliharaan Kura-kuramu Panjang Umur? Ini Dia 5 Tips Merawatnya!

Meiskhe F | Kamis, 22 Jun 2017 14:00 WIB
Ingin Peliharaan Kura-kuramu Panjang Umur? Ini Dia 5 Tips Merawatnya!
caption
Kura-kura adalah hewan peliharaan yang cukup unik dan menggemaskan. Kalau kamu tertarik memeliharanya, maka perhatikan dulu tips memelihara kura-kura berikut yang akan membantumu merawatnya dengan baik dan benar!



1) Menyiapkan Kandang

Nah, tips memelihara kura-kura yang wajib kamu ketahui adalah persiapkan kandangnya terlebih dahulu. Kura-kura butuh ‘rumah’ untuk hidup. Buatlah kandang dengan 1/3 daratan dan sisanya 2/3 adalah air atau kolam karena kura-kura adalah hewan amfibi. Untuk daratan kamu bisa isi dengan pasir, batu dan tanaman. Sementara kolam isi dengan air bersih. Kamu bisa menambahkan kayu sebagai mainannya. Perhatikan juga suhu tempat kandang kura-kura berada. Kalau kandangnya berada di dalam rumah, maka pastikan bisa terpapar sinar matahari atau bisa kamu ganti dengan cahaya lampu. Tapi kalau kamu memeliharanya di halaman belakang rumah, maka usahakan kandangnya tidak terlalu terkena sinar matahari.


Foto: https://turtletanksetup.com/tote/


2) Perhatikan Makanan Kura-kura

Yang tak kalah penting adalah kamu harus memerhatikan makanannya. Makanan bergantung pada jenis kura-kura. Ada yang memakan tumbuhan, daging dan juga campuran antara tumbuhan dan hewan. Untuk kura-kura herbivora, berikan sayuran berwarna hijau seperti kubis, brokoli, juga buah seperti apel. Untuk yang jenis karnivora berikan ikan, udang, siput, cacing dan belalang. Selain itu kamu juga bisa memberikan pelet yang bisa dibeli di toko pakan hewan peliharaan.
Foto: https://gde-fon.com/download/mood-turtle-food/336351/2560x1703


3) Bersihkan Kandang dengan Rutin

Selanjutnya, selalu perhatikan kebersihan kandang. Biasanya yang paling sering menimbulkan aroma tidak enak berasal dari sisa-sisa makanan. Oleh karenanya, segera buang makanan sebelum membusuk. Selain itu,kebersihan air jangan pernah kamu abaikan. Ganti air di dalam kandang kura-kura secara rutin karena air kotor bisa menimbulkan jamur yang menjadi biang penyakit kura-kura kesayanganmu.
Foto: https://www.myturtlecam.com/habitat.php



4) Ketahui Gejala Penyakit Kura-kura Peliharaanmu

Satu hal yang wajib kamu ketahui saat memelihara kura-kura adalah gejala penyakit yang rentang dialaminya. Ada beberapa penyakit yang biasa menyerang kura-kura seperti jamur yang ditandai dengan bintik-bintik putih di tubuh, infeksi saluran pernapasan, infeksi mata dan flu. Kalau kura-kura tidak mau makan, maka kemungkinan ia sedang sakit. Segeralah membawanya ke dokter hewan untuk segera mendapat penanganan ya!


Foto: https://www.mypawsitivelypets.com/2014/07/can-pet-turtles-get-sick.html


5) Pegang dan Belai Kura-kura dengan Perlahan

Saking gemasnya, kamu jadi tidak bisa menahan diri untuk memegang kura-kura peliharaanmu. Sebenarnya kura-kura tidak boleh sering-sering dipegang. Nah, agar kalian bisa lebih dekat, belai kura-kuramu sesekali. Membelai kura-kura ada triknya lho. Caranya adalah dengan dekati dari depan, usahakan dengan perlahan agar kura-kura tidak kaget dan malah menggigit tanganmu. Lalu belai bagian kepalanya dan cangkang. Kalau telah merasa nyaman denganmu, maka selanjutnya ia akan terus bersahabat saat kamu mendekatinya.

 


Foto: https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g1006573-d2173510-i118166713-Cayman_Turtle_Centre_Island_Wildlife_Encounter-West_Bay_Grand_Cayman_Ca.html

Good luck!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id