sign up SIGN UP

LIFE

Ini Lho Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan Sebelum Tidur!

Mutia Isni Rahayu | Jumat, 18 Aug 2017 13:30 WIB
Ini Lho Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan Sebelum Tidur!
caption
Sebagian orang berpendapat bahwa olahraga sebelum tidur lebih baik tidak dilakukan. Olahraga yang dilakukan sebelum tidur akan menaikkan suhu tubuhmu dan dapat membuat kamu kesulitan untuk tidur. Fakta tersebut tidak sepenuhnya benar, Beautynesian! Berikut adalah olahraga yang masih aman kamu lakukan sebelum tidur!



Yoga


Olahraga yang satu ini memang praktis dan bisa kamu lakukan di rumah. Salah satu manfaat dari yoga adalah relaksasi tubuh dan untuk menenangkan pikiran. Jadi kamu tidak perlu khawatir kesulitan tidur, karena tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang justru akan membuat tidurmu lebih nyenyak. 

Yoga memiliki sangat banyak variasi posisi. Jika ingin melakukan yoga sebelum tidur, sebaiknya kamu memilih posisi yang bertujuan untuk relaksasi. Beberapa gerakan yang dapat kamu lakukan diantara lain adalah Viparita Karani, Balasana (Child’s Pose), dan Savasana.

 


Foto: https://yogalily.com
Foto: https://stylesatlife.com
Foto: https://intldayofyoga.blogspot.co.id



Latihan Kardio


Latihan kardio atau bisa disebut juga dengan latihan aerobik adalah aktivitas fisik yang dilakukan lebih dari 10 menit. Latihan aerobik akan meningkatkan detak jantungmu, membuat kamu berkeringat dan membuat kamu bernafas lebih keras. Contoh latihan kardio adalah seperti berlari, bersepeda, berenang, dan gerakan-gerakan seperti sit up, push up, dan sejenisnya. 

Beberapa latihan kardio bahkan dipercaya dapat mengatasi kesulitan tidur. Kamu dapat berlari atau bersepeda secara rutin empat kali dalam seminggu selama 20-30 menit. Hal ini dipercaya dapat membuat perubahan baik pada siklus tidur kamu. 
 


Foto: https://sharingdisana.com



Tips Olahraga Sebelum Tidur


Jika ingin melakukan olahraga sebelum tidur, kamu wajib memperhatikan asupan air ke dalam tubuhmu agar tidak terkena dehidrasi. Kamu juga bisa memilih gerakan-gerakan yang simple agar tidak terlalu kelelahan. Jika ingin latihan kardio, lebih baik memilih push up, sit up, dan gerakan sejenisnya. Kamu boleh berlari atau bersepeda, tetapi sebaiknya dilakukan satu jam sebelum tidur dan akan lebih mudah jika diganti dengan menggunakan treadmill dan sepeda statis bagi kamu yang memilikinya di rumah. Olahraga sebelum tidur juga sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama, cukup dilakukan selama 15-30 menit saja.


Foto: https://grosirfitnes.com
Foto: https://www.1health.id


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id