sign up SIGN UP

LIFE

Ini Rahasia Bulu Kuduk Merinding, Alasan Mistis Ternyata Mitos Belaka!

Mutia Isni Rahayu | Jumat, 06 Jul 2018 13:30 WIB
Ini Rahasia Bulu Kuduk Merinding, Alasan Mistis Ternyata Mitos Belaka!
caption
Kamu pasti pernah merasakan bulu kuduk merinding secara tiba-tiba. Terkadang merindingnya bulu kuduk sering kali dikaitkan dengan hal mistis, misalnya sebagai tanda keberadaan makhluk halus. Padahal alasan bulu kuduk merinding bisa dijelaskan dari segi kesehatan. lho. Yuk, simak ulasannya!

Rasa merinding yang datang hingga bulu kuduk 'berdiri' terkadang sering dikaitkan dengan hal mistis. Bulu kuduk yang merinding biasanya diindikasikan dengan kehadiran makluk halus disekitar kita. Fenomena ini tentunya bukan merupakan hal yang pasti, kita bisa menyebutnya sebagai mitos. Pada dasarnya fenomena bulu kuduk ini bisa dijelaskan dari segi kesehatan. Nah, penasaran fakta sebanarnya tentang bulu kuduk merinding? Yuk, simak fakta berikut ini!

Merinding itu apa sih?


Dalam dunia kesehatan, merinding disebut dengan refleks pilomotor. Karena merupakan refleks, tentunya merinding tidak bisa kita atur kapan datangnya dan seberapa besar frekuensinya. Proses tejadinya merinding adalah dimulai dengan adanya rangsangan, kemudian otot mengirim sinyal kepada tubuh hingga dihasilkanlah hormon adrenalin. Munculnya hormon adrenalin yang dihasilkan melalui kelenjar kecil di atas ginjal ini kemudian memicu reaksi otot-otot yang kemudian menyebabkan bulu berdiri. 


Apa saja penyebab bulu kuduk merinding?


Setelah tahu mekanisme dari terjadinya bulu kuduk merinding dari segi kesehatan, sekarang saatnya kamu mengetahui alasan bulu kuduk merinding. Sekali lagi, tentu saja bulu kuduk merinding disebabkan adanya makhluk halus merupakan mitos. Berikut adalah penyebab bulu kuduk merinding yang biasa terjadi!


1. Perubahan suhu
Salah satu penyebab bulu kuduk merinding adalah adanya perubahan suhu, lebih tepatnya penurunan suhu. Hal ini bisa disebabkan oleh hembusan angin atau perubahan cuaca. Refleks bulu kuduk merinding ini juga merupakan salah satu usaha tuhuh untuk menjaga kita agar tetap hangat.


Foto: https://lifestyle.kompas.com/

2. Reasksi emosional
Alasan bulu kuduk merinding selanjutnya adalah karena adanya reaksi emosional. Contohnya adalah ketika kita merasa terlalu senang, sedih, kaget, ataupun takjub terhadap sesuatu. Bahkan dengan mengingat kejadian yang membuat kamu merinding, kamu bisa merinding kembali.


Foto: https://www.zastavki.com/

3. Pertahanan diri
Kamu juga bisa merasa merinding ketika kamu ketakutan. Ketika kamu takut, otak akan langsung mengirim sinyal untuk siaga. Tubuh yang waspada terhadap bahaya ini yang kemudian menghasilkan adrenalin dan memicu bulu kuduk merinding.


Foto: https://www.livescience.com/

4. Gejala penyakit
Merinding juga bisa diindikasikan sebagai munculnya penyakit. Gangguan sistem refleks pada tubuh bisa menyebabkan kamu merinding tanpa sebab. Sedangkan penyakit lain yang mungkin memicu tubuh merinding antara lain influenza, radang paru-paru. atau gangguan pada usus yang disebut gastroenteritis.


Foto: https://www.lifecareus.com/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id