sign up SIGN UP

LIFE

Jadi Pribadi Lebih Baik, Begini Cara Atasi Keinginan Selalu Ingin Menang Sendiri

Jovita | Senin, 13 Apr 2020 04:45 WIB
Jadi Pribadi Lebih Baik, Begini Cara Atasi Keinginan Selalu Ingin Menang Sendiri
caption
Beautynesian, setiap orang pasti pernah berada di posisi ingin menang sendiri. Wajar memang, jika terkadang timbul keinginan untuk menang sendiri. Namun, jika keinginan tersebut selalu dituruti, tentu tidak akan berdampak baik untuk dirimu. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol dan atasi keinginan menang sendiri untuk jadi pribadi lebih baik, dengan cara berikut.

1. Mengetahui penyebab timbulnya keinginan menang sendiri


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Beautynesian, jika kamu ingin menjadi pribadi lebih baik tanpa perasaan ingin menang sendiri, maka cari tahu terlebih dahulu penyebab munculnya keinginan menang sendiri. Ada beberapa faktor yang bisa menyebakan sifat tersebut, bisa jadi bawaan sejak lahir atau bisa juga terbentuk oleh lingkungan. Misalnya, sejak kecil didesak oleh orang tua untuk selalu jadi pemenang dalam setiap kompetisi, sehingga kamu tumbuh jadi pribadi yang mencoba segala cara untuk bisa menang sekalipun harus tidak memperdulikan keadaan di sekitar. Jika sudah menemukan penyebabnya tentu pengembangan diri ke arah yang lebih baik akan mudah dilakukan.

2. Menumbuhkan rasa empati


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Keinginan menang sendiri dapat ditangkal dengan cara menumbuhkan rasa empati. Menumbuhkan empati merupakan bentuk kecerdasan emosional yang berguna dalam pengembangan diri. Kamu bisa dimulai dengan meluangkan waktu untuk memahami dan menolong orang yang membutuhkan atau bisa juga dengan meluangkan waktu demi mendengarkan curhatan teman maupun orang sekitar tanpa perlu mengguruinya. Terkadang, seseorang hanya ingin didengarkan tanpa perlu diberi nasihat.

 


5. Melatih kesabaran


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Terakhir, jika mau keinginan selalu menang sendiri bisa hilang, maka Beautynesian perlu berlatih kesabaran. Sebenarnya rasa ingin menang sendiri menandakan bahwa kamu merupakan orang yang egois. Dan, perasaan egois bisa muncul karena tidak adanya kesabaran. Orang egois hanya mau mendengar segala sesuatu tentang dirinya dan hanya mau keinginannya terwujud. Orang seperti ini, tidak akan mau menunggu orang lain apalagi jika tidak ada manfaat yang bisa didapatkan. Nah, untuk itu kamu perlu melatih kesabaran. Dengan melatih kesabaran perasaan-perasaan negatif tersebut akan hilang, tentunya kamu juga akan jadi lebih ikhlas.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id