sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Abaikan! Ini Dia Penyebab Bulu Kemaluan Gatal

Andi Mardana | Minggu, 02 Jul 2017 06:00 WIB
Jangan Abaikan! Ini Dia Penyebab Bulu Kemaluan Gatal
caption
Gatal pada kulit dapat menyebabkan lebih dari 70 penyebab, beberapa di antaranya merupakan reaksi alergi terhadap makanan tertentu, seperti alergi debu, infeksi virus atau bakteri, kondisi kulit seperti eksim, penyakit tertentu seperti leukemia, kelainan ginjal atau saraf, dan lain-lain. Banyak perempuan mengalami gatal pada bulu kemaluan (vagina) yang cukup umum karena kondisi seperti infeksi jamur. Vagina adalah daerah yang lembab, jadi daerah ini sangat rentan terhadap infeksi yang selanjutnya menyebabkan gatal dan iritasi.



1. Faktor Vaginosis Bakteri
Bulu kemaluan gatal bisa disebabkan terjadinya penipisan bakteri sehat di vagina, yang dapat menyebabkan gatal dan kekeringan ekstrim di daerah itu. Biasanya, cairan berair dan berbau busuk juga dialami bersama dengan bakteri vaginosis.


Foto: https://www.herbalonlinetop.com/2017/05/pengobatan-vaginosis-bakterialis-secara-alami.html



2. Faktor Kontak Dermatitis
Dermatitis kontak adalah reaksi alergi pada vagina, yang menyebabkan gatal bulu kemaluan. Ini disebabkan oleh produk tertentu seperti shampo, sabun, pelumas vagina dan bahkan kondom.


Foto: https://www.alodokter.com/dermatitis-kontak



3. Disebabkan oleh Psoriasis
Bulu kemaluan menjadi gatal bisa disebabkan psoriasis. Meskipun psoriasis adalah kondisi yang mempengaruhi kulit, dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu juga dapat mempengaruhi vagina, sehingga menyebabkan kekeringan dan gatal vagina ekstrem.


Foto: https://www.health.com/psoriasis



4. Penyakit Menular Seksual (PMS)
Penyakit menular seksual dan infeksi adalah salah satu alasan utama terjadinya gatal pada bulu kemaluan. PMS seperti klamidia, herpes, trikomoniasis, gonore, dll, dapat menyebabkan gatal vagina yang parah.


Foto: https://www.penyakitmenularseksual.com/pencegahan-penyakit-menular-seksual.html



5. Faktor Ketidakseimbangan Hormonal
Ketidakseimbangan hormonal sering dapat mengganggu tingkat pH alami vagina kamu, sehingga membuatnya kering, gatal dan lebih rentan terhadap infeksi ragi.


Foto: https://www.kabaribu.com/2015/12/penyebab-lidah-pahit-saat-hamil-muda.html



6. Kutu Bulu Kemaluan
Kutu bulu kemaluan dapat menjadi tempat berkembang biak mereka, juga bisa menyebabkan gatal dan infeksi vagina yang ekstrem.


Foto: https://acapoenya.blogspot.co.id/2016/02/bahaya-kutu-kelamin-bagi-kesehatan.html



7. Faktor Liken Sklerosus
Ini adalah kondisi langka yang biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau ketidakseimbangan hormon. Di mana bintik-bintik putih muncul pada vulva, yang mengarah ke bulu kemaluan dan berakibat gatal.


Foto: https://www.dokter.id/berita/7-penyebab-timbulnya-rasa-gatal-pada-ms-v
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id