sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Panik! Ini Cara Mudah Kembalikan Siklus Menstruasi Jadi Lebih Teratur

Nurul Khasanah | Senin, 22 Jul 2019 04:45 WIB
Jangan Panik! Ini Cara Mudah Kembalikan Siklus Menstruasi Jadi Lebih Teratur
caption
Kamu sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur? Masalah ini memang kerap dialami wanita. Ada beberapa faktor penyebab menstruasi telat, salah satunya stress berkepanjangan. Jangan panik dulu, simak cara di bawah ini agar menstruasi kembali lancar.

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan. Biasanya darah haid keluar selama kira-kira 2-7 hari. Namun terkadang ada yang lebih dari waktu tersebut.

Menstruasi ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan. Tapi kenyataannya hal ini tidak terjadi pada semua perempuan. Ada perempuan yang mengalami haid tidak lancar. Bahkan, kadang tidak rutin sekali dalam sebulan. Ada berbagai macam penyebab atau alasan mengapa perempuan mengalami haid yang tidak teratur. Salah satu penyebab menstruasi telat adalah stres yang berkepanjangan. Yuk, simak cara agar menstruasi kembali lancar.


Istirahat cukup


Foto: Istimewa
Image : pexels.comhttps://www.pexels.com/

Stres pikiran dan capek fisik merupakan salah satu penyebab menstruasi tidak lancar. Menstruasi bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya. Bahkan mungkin saja haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak sama sekali ketika sedang stres.

Cara agar menstruasi kembali lancar, yaitu hilangkan stres pikiran dan fisik dengan beristirahat. Hentikan kebiasaan begadang karena tidak membawa manfaat apapun untuk tubuh. Tidur cukup membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. Usahakan tidur selama 7-8 jam di malam hari ya, Ladies!
 


Rajin Olahraga


Foto: Istimewa
Image : pexels.comhttps://www.pexels.com/

Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh. Olahraga yang teratur untuk mengatasi menstruasi tidak lancar. Kamu tidak harus terlalu keras melakukan olahraga yang susah dan berat. Lakukan saja yang mudah, seperti jogging, jalan kaki atau bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar. Kamu juga bisa melakukan olahraga yoga yang efektif bisa mengurangi nyeri dan melancarkan menstruasi. Lakukan saja gerakan-gerakan sederhana agar terhindar dari risiko cedera. 
 



Menerapkan Gaya Hidup Sehat


Foto: Istimewa
Image : pexels.comhttps://www.pexels.com/

Gaya hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat serta olahraga teratur. Namun juga kamu perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Hal-hal tersebut telah terbukti dapat mempengaruhi menstruasi telat. Mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi akan menghasilkan produksi hormon yang lancar dan tidak terganggu sehingga menstruasi akan kembali lancar.
 


Obat Tradisional


Foto: Istimewa
Image : pexels.comhttps://www.pexels.com/

Obat tradisional memang masih dipercaya oleh beberapa orang sebagai cara memperlancar menstruasi tidak lancar. Salah satunya adalah kunyit. Bahan alami ini mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu yang menggunakan racikan kunyit. Minumlah jamu ini secara rutin untuk memperlancar haid. Selain kunyit, jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan menstruasi secara alami. Rajinlah minum air seduhan jahe dengan madu setiap hari agar menstruasi kamu kembali lancar.
 


Jus Wortel


Foto: Istimewa
Image : pexels.comhttps://www.pexels.com/

Wortel memang sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi juga vitamin C, kalsium, dan besi akan membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Jika rutin minum jus wortel dengan sedikit gula sedikit ataupun tanpa gula bisa kamu gunakan sebagai cara melancarkan haid yang efektif.
 


Banyak Minum Air Putih


Foto: Istimewa
Image : pexels.comhttps://www.pexels.com/

Rajin dan teratur minum air putih merupakan cara melancarkan menstruasi yang mudah. Air putih penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Jika sistem metabolisme dalam tubuh lancar, maka menstruasi akan turut menjadi lancar pula. Manusia membutuhkan air minum sebanyak 2,1 liter per hari atau sekitar delapan cangkir. Kamu juga harus menghindari kafein, minuman yang mengandung gula, dan alkohol, agar proses menstruasi bisa kembali lancar.
 


[Gambas:Youtube]

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id