sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Sampai Salah! Ini Mitos dan Fakta Menstruasi yang Harus Kamu Ketahui

Vera Sari | Kamis, 10 Aug 2017 09:00 WIB
Jangan Sampai Salah! Ini Mitos dan Fakta Menstruasi yang Harus Kamu Ketahui
caption
Menstruasi adalah "tamu langganan" wanita yang datang setiap bulan. Walau begitu, ternyata masih banyak wanita yang masih termakan oleh mitos-mitos yang belum diketahui dengan pasti kebenarannya. Nah, agar tidak salah lebih baik simak yuk mitos dan fakta seputar menstruasi berikut ini.



1. Darah Menstruasi Berhenti Saat Masuk ke dalam Air

Masih banyak wanita yang percaya bahwa saat menstruasi sebaiknya tidak berenang karena akan membuat menstruasi berhenti. Mitos tersebut dibantah oleh para ahli, mereka mengatakan saat kamu masu ke dalam air darah tetap mengalir. Justru mereka menyarankan agar saat berenang sebaiknya gunakanlah tampon untuk memastikan bahwa darah tidak menyebar ke dalam air.
 


Foto: https://klinikutama.com



2. Tidak Bisa Berenang di Laut Karena Akan Dimakan Ikan Hiu

Saat menstruasi, banyak sekali wanita yang menghindari berenang di dalam laut karena mereka takut akan dimangsa oleh ikan hiu akibat darah menstruasi yang keluar. Lagi-lagi para ahli pun membantah mitos tersebut. Karena faktanya, darah yang keluar dari pembuluh darah dan juga darah menstruasi secara kimia sangatlah berbeda. Sehingga tidak akan membuat hiu tertarik.
 


Foto: https://www.celebzz.com



3. Minuman Dingin Dapat Menyebabkan Kram Perut

Sebagian wanita masih percaya bahwa mengonsumsi minuman dingin saat menstruasi akan membuat perut menjadi kram. Padahal faktanya adalah kram perut saat menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon bukan karena mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.
 


Foto: https://halosehat.com



4. Jangan Keramas Saat Menstruasi

Entah darimana mitos tersebut berasal, tapi sayangnya banyak sekali wanita yang mempercayai mitos tersebut. Kebayang enggak ya ladies gimana bentuk rambut kamu kalau kamu tidak keramas selama lima sampai tujuh hari?

Mitos tersebut jelas saja dibantah oleh para ahli. Pasalnya tidak ada hubungan sama sekali antara mencuci rambut atau keramas dengan menstruasi. Bahkan, mandi air hangat saat menstruasi justru dapat meringankan kram akibat menstruasi dan juga tegang saat pra menstruasi.
 


Foto: https://www.sayidaty.net



5. Mempercepat Keluarnya Darah Menstruasi dengan Mengonsumsi Soda

Masih banyak wanita yang memilih untuk mengonsumsi minuman bersoda untuk mempercepat keluarnya darah saat menstruasi. Mereka beranggapan bahwa minum soda akan membuat menstruasi berhenti lebih cepat. Padahal keluarnya darah menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan tidak ada hubungannya dengan makanan atau minuman yang kamu konsumsi.
 


Foto: https://a.abcnews.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id