sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Sepelekan, Lakukan Langkah Sederhana Ini untuk Selamatkan Bumi!

Ade Suryani | Senin, 07 Oct 2019 14:00 WIB
Jangan Sepelekan, Lakukan Langkah Sederhana Ini untuk Selamatkan Bumi!
caption
Bumi kita semakin lama semakin tua dan kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana. Banyak kerusakan yang terjadi itu akibat ulah tangan kita sendiri yang seenaknya dan tak acuh terhadap keselamatan bumi. Tapi, berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi.

Membuang Sampah pada Tempatnya


Foto: https://kompasiana.com

Salah satu hal sederhana paling dasar yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Meski terlihat begitu sederhana, tapi jangan pernah meremehkan kebiasaan ini, meskipun hanya bungkusan permen sekalipun. Apalagi banyak bencana banjir diakibatkan oleh sampah. Dan jangan lupa untuk mengategorikan jenis sampah yang dibuang. Maka dari sekarang, cobalah biasakan buang sampah pada tempatnya dan sesuaikan dengan jenis sampahnya.
 


Menghemat Listrik


Foto: https://express.co.uk

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghemat listrik, antara lain seperti mematikan lampu jika tak terlalu diperlukan, mencabut kabel atau peralatan elektronik yang tidak dipakai, menggunakan AC dan charge HP seperlunya. Dengan kamu menghemat listrik, berarti kamu telah berkontribusi menghemat energi dan juga ikut mengurangi beban tagihan listrik.
 


Membawa Bekal Makanan dan Air Minuman dalam Tumbler


Foto: Istimewa

Di jaman modern yang serba instan ini mungkin banyak yang merasa "gengsi" harus membawa bekal makanan atau minuman sendiri. Padahal kamu tidak perlu malu lho, justru kamu akan merasakan banyak keuntungannya. Selain menghemat pengeluaran, makanan dan minuman yang kamu konsumsi pun lebih terjamin kesehatannya. Dengan cara begitu, tidak perlu lagi dimasukkan ke dalam kantong plastik atau styrofoam. Kamu juga telah berkontribusi menyelamatkan bumi, lho.
 



Menggunakan Kendaraan Umum


Foto: https://hipwee.com

Kalau kamu sedang tidak terburu-buru, alangkah lebih baik kamu memilih naik kendaraan umum saja. Dengan menggunakan transportasi umum, maka dapat membantu mengurangi kadar emisi gas yang melayang ke atmosfer bumi. Selain itu juga mengurangi kemacetan, lebih hemat, dan membantu kamu lebih disiplin karena harus berangkat lebih awal. 
 


Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik


Foto: https://greener.co.id

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang tidak lepas dari penggunaan kantong plastik. Padahal plastik membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat terurai, dan hal itu tentunya sangat membahayakan bagi lingkungan kita. Maka beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik, adalah dengan menggunakan kantong belanja sendiri berupa goody bag atau tas kanvas ketika berbelanja di supermarket maupun di pasar tradisional.
 


Mengurangi Penggunaan Kertas


Foto: https://magazine.job-like.com

Butuh 1 batang pohon usia 5 tahun untuk memproduksi 1 rim kertas, dan limbah yang dihasilkan dalam proses produksinya juga tidak sedikit. Dengan menghemat kertas, secara tak langsung kamu telah mengambil bagian dalam menurunkan tingkat penebangan pohon. Cara sederhana yang dapat kamu lakukan antara lain dengan menggunakan kembali sisi kertas yang telah dipakai, mengurangi mencetak dokumen internal, menyimpan dokumen dalam bentuk soft file, dan cara menghemat lainnya.
 


Menanam Pohon


Foto: https://djarimtreesforlife.com

Menanam pohon adalah tindakan sederhana tapi sangat bermanfaat bagi bumi dan lingkungan kita. Saat ini, sudah tak terhitung gerakan serta kampanye menanam pohon yang diselenggarakan oleh komunitas, organisasi, maupun pemerintah. Jika kamu sebelumnya tidak pernah tergabung didalamnya, maka saat ini sudah saatnya kamu untuk ikut ambil bagian. Karena menanam pohon itu sangat penting lho, Beautynesian.

Nah Beautynesian, itulah beberapa langkah sederhana dan hal kecil yang dapat kamu lakukan dalam menyelamatkan bumi. Tentunya selain itu ada banyak langkah-langkah sederhana lainnya yang dapat kamu lakukan. Yang terpenting, sebagai generasi muda harus melek lingkungan, kamu juga harus berusaha mengajak orang lain di sekitarmu untuk melakukan aksi serupa.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id