sign up SIGN UP

LIFE

Karena Wabah Virus Corona, Dunia Hiburan Korea Alami Kerugian Hingga 657 Miliar

Astari Larasati | Selasa, 24 Mar 2020 06:00 WIB
Karena Wabah Virus Corona, Dunia Hiburan Korea Alami Kerugian Hingga 657 Miliar
caption
Penyebaran virus corona yang sudah menyebar ke banyak negara, membuat kegiatan manusia sehari-hari menjadi terganggu. Salah satunya di negara Korea Selatan yang terkenal dengan dunia industri hiburannya.

Seperti yang kamu ketahui, saat ini industri hiburan Korea Selatan tengah digemari banyak orang di penjuru dunia. Mulai dari drama, boygrup serta girlgrup yang mempunyai banyak penggemar setia.
 


Penyebaran virus corona yang saat ini mewabah ke beberapa negara membuat kegiatan sehari-hari terganggu. Banyak orang yang memutuskan untuk berdiam di rumah karena mencegah penyebaran virus corona.
 


Sama seperti halnya industri hiburan Korea Selatan yang diperkirakan mengalami kerugian hingga 52,3 miliar won atau setara dengan Rp675,9 miliar. Hal ini disebabkan oleh pembatalan pertunjukan serta pameran akibat penyebaran virus corona.
 



Foto: Istimewa

Berdasarkan laporan dari Federation of Artistic & Cultural Organization of Korea, total pembatalan konser, pameran seni, pertujukan dari bulan Januari hingga April mencapai kurang lebih 2.511 acara.
 


Hal ini diketahui setelah melakukan survei yang dilakukan terhadap 163 asosiasi seniman yang dilakukan pada 9 sampai 12 Maret lalu. Para seniman mengatakan penghasilan mereka selama Januari hingga April mengalami penyusutan daripada tahun lalu.
 


Foto: Istimewa

Saat merilis hasil survei, para seniman pun meminta pemerintah untuk menyediakan dana dukungan darurat bagi para seniman dan asosiasi mereka agar mampu untuk keluar dari keadaan krisis seperti ini.
 


Selain itu, virus corona membuat negara tersebut mengalami jumlah penonton di bioskop terendah pada bulan Februari lalu dalam 15 tahun terakhir. Enggak hanya itu, membuat sejumlah bioskop seperti CGV Cinema menutup sejumlah unit mereka.
 


Foto: Istimewa

Sejumlah film terbaru yang akan dirilis pada awal tahun 2020 pun mengalami pengunduran jadwal tayang, guna mencegah penyebaran virus Corona. Lalu pembatalan konser boy group dan girl group dari berbagai negara, termasuk di Indonesia.
 


Seperti G-idle, The Boyz, hingga fanmeeting oleh aktor Ji Chang Wook di Jakarta dibatalkan, namun adapula yang hanya diundur hingga kondisi sudah dapat dikendalikan. Tentunya hal ini dilakukan demi keselamatan banyak orang.
 


Foto: Istimewa

Hingga hari Senin (23/03), pasien positif corona di Korea Selatan mencapai 8.961 orang sejak kasus pertamanya pada tanggal 20 Januari silam. Kini kondisi di sana dianggap berangsur membaik.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id