sign up SIGN UP

LIFE

Karirmu Jalan di Tempat? Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hindari Mulai Sekarang

Friska Rianti | Selasa, 26 Feb 2019 06:00 WIB
Karirmu Jalan di Tempat? Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hindari Mulai Sekarang
caption
Mencapai kesuksesan dalam berkarir memang impian semua orang. Namun untuk mencapainya ternyata tak semudah yang dibayangkan. Terkadang kamu sudah bekerja cukup lama sehingga merasa pantas untuk mendapat promosi, namun nyatanya hingga saat ini karirmu tetap jalan di tempat. Sebelum berprasangka buruk dengan atasan atau perusahaan, yuk coba tengok lima kebiasaan buruk berikut! Barangkali penyebab karirmu terhambat ternyata karena kamu masih belum bisa lepas dari kebiasaan-kebiasaan buruk berikut.

Sering Menunda Pekerjaan


Meski tahu ini adalah kebiasaan buruk, terkadang meninggalkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Padahal menunda-nunda pekerjaan sampai mepet waktu deadline akan membuat hasil pekerjaan tidak maksimal bahkan berantakan karena kamu begitu diburu waktu. Agar tidak keseringan menunda pekerjaan, jauhi hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian dan cobalah untuk memasang waktu deadline pribadi sebelum waktu deadline yang sebenarnya tiba. Dengan begitu, kamu hasil pekerjaanmu dapat lebih maksimal dan tepat waktu. Kamu juga akan mendapat citra positif di lingkungan kantor.


Foto: Istimewa

Tidak Meningkatkan Kemampuan


Orang-orang yang karirnya cepat berkembang biasanya adalah mereka yang selalu mengasah dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Mempelajari hal-hal baru yang masih berkaitan dengan ilmu yang kamu miliki juga dapat membuka peluang karir yang lebih baik karena membuatmu memiliki nilai plus dibanding yang lain. 


Foto: Istimewa

Tidak Bisa Percaya dengan Orang Lain


Kamu mungkin lebih senang menyelesaikan segala pekerjaan sendiri daripada harus memercayakan pekerjaanmu pada orang lain. Namun hal ini dapat membuat citramu terlihat buruk diantara teman kantor bahkan di mata atasan. Terlebih jika kamu tetap mempertahankan sifat individualismu ketika diharuskan bekerja dalam tim, bisa-bisa rekan satu timmu merasa tersinggung dan tidak dihargai karena kamu cenderung ingin melakukan semuanya sendiri tanpa campur tangan rekan yang lain.



Foto: Istimewa

Takut Keluar dari Zona Nyaman


Meninggalkan zona nyaman untuk mencoba hal baru memang menantang. Karenanya, tak sedikit orang yang memilih untuk tetap tinggal di zona nyaman daripada menghadapi jalan yang mungkin tak akan mulus. Padahal untuk dapat mengembangkan karir, diperlukan keberanian dalam mengambil resiko untuk dapat meraih kesempatan dan peluang yang ada. Meskipun kemudian jalan tak semulus yang diharapkan, paling tidak akan menjadi lebih kuat dan mengerti arti karir yang sebenarnya lewat pengalaman baru yang kamu dapatkan. 


Foto: Istimewa

Bersikap Terlalu Perfeksionis


Meski cenderung membuat orang lebih teliti dan rapi dalam menyelesaikan pekerjaannya, sifat perfeksionis justru menjadi salah satu faktor terhambatnya karir seseorang. Memiliki standar pencapaian yang tinggi, orang yang memiliki sifat perfeksionis akan lebih mudah kelelahan bahkan merasa depresi karena terlalu banyak menghabiskan waktu dalam persiapan. H

al inilah yang kemudian mempengaruhi performa kerjanya sehingga dapat menghambat karir. Daripada memasang standar terlalu tinggi dan akhirnya membuatmu bersikap terlalu keras pada diri sendiri, lebih baik tetapkan standar yang realistis, bukan?




(Editor/Rizki Astuti)


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id