sign up SIGN UP

LIFE

Kredit Vs Tunai! Inilah Pilihan Terbaik untuk Kamu

Diangga | Rabu, 19 Sep 2018 07:00 WIB
Kredit Vs Tunai! Inilah Pilihan Terbaik untuk Kamu
caption
Semakin majunya dunia modern saat ini membuat banyak sekali perubahan drastis pada segi budaya. Salah satu budaya modern yang paling nyata adalah kredit. Well, melihat beratnya siklus hidup saat ini sangat memungkinkan masyarakat memilih metode kredit untuk mendapatkan sesuatu yang ia perlukan. Lalu apakah metode kredit lebih baik dibanding dengan metode tunai? Nah, simak pembahasannya berikut ini yuk.

Metode Tunai


Pada dasarnya metode tunai menjadi salah satu proses mendapatkan sesuatu yang terbilang paling aman. Kenapa? Karena metode tunai tidak memiliki resiko bunga, pinjaman dan tagihan denda untuk setiap kali pembelian. Singkatnya, kamu bisa mendapatkan sesuatu yang memiliki hak miliki secara penuh tanpa terkait dengan orang kedua atau ketiga. Meskipun terbilang lebih aman namun ada dua hal yang membuat metode ini cukup sulit untuk dilakukan :
Foto: https://www.kiplinger.com/article/insurance/T027-C000-S002-pay-cash-for-your-health-care.html
        
  • Pertama : Membeli sesuatu yang bernilai tinggi (mahal) tentunya akan sangat sulit jika pasif income kamu tidak sebanding dengan pengeluaran. Singkatnya kamu harus mengumpulkan dana dan megetahui cara mendapatkan uang yang aman terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu which is memakan waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.
  •     
  • Kedua : Resiko kehabisan keuangan atau dana cadangan yang tinggi karena umumnya kamu akan terlalu fokus pada satu tabel keuangan utama tanpa memikirkan dana simpanan. Singkatnya, ketika kamu membeli sesuatu maka kamu minim memiliki sisa uang.

Baik tunai maupun kredti tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi hal perlu kamu lakukan sebelum membeli barang adalah apakah metode pembayaran yang paling tepat untuk kamu lakukan.


Metode Kredit


Jawaban dari pertanyaan yang sering muncul di forum-forum keuangan yang identik dengan tema "Apakah kredit menguntungkan?" adalah bisa iya bisa tidak. Pada dasarnya apapun metodenya tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang bisa di sesuaikan dengan kondisi kamu.

Misalnya seperti pembelian rumah. Jika kamu jeli, rumah termasuk kedalam resale value yang tinggi. So, meskipun kamu menggunakan metode kredit untuk membelinya kamu tidak akan rugi karena harga tanah/rumah akan terus meningkat. Nah, berikut ada beberapa hal yang membuat metode kredit tidak menguntungkan :
Foto: https://lifehacker.com/how-to-buy-bitcoin-with-a-credit-card-and-why-you-proba-1822457092
        
  • Pertama : Hak kepemilikan barang yang kamu beli tidak sepenuhnya 100% hingga kamu melunaskan tagihan keuangan pada pihak terkait
  •     
  • Kedua : Metode kredit bisa di bilang menjadi salah satu cara cepat kaya atau cara mendapatkan uang yang paling simpel namun yang sebenarnya hal ini sangat merugikan. Kenapa? Seperti yang sudah di jelaskan pada poin pertama, jika kamu memiliki hambatan pembayaran maka besar kemungkinan barang tersebut akan menjadi miliki pihak terkait kembali.
  •     
  • Ketiga : Besarnya tagihan akan melonjak tinggi secara tiba-tiba karena kurangnya money control yang kamu lakukan ketika membeli barang menggunakan kredit. Well, hal ini menjadi faktor utama adanya proses pinjam meminjam uang yang kini menjadi masalah yang cukup umum terjadi.

Selain ketiga hal utama diatas, masih banyak kekurangan-kekurangan pada metode kredit seperti biaya perawatan, pajak asuransi dan sebagainya yang tentunya menjadi terusan dari ketiga masalah diatas. Tapi ingat! Kredit bukan solusi cara cepat kaya, So, choose suitable metodh for your purchase needs.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id