sign up SIGN UP

LIFE

Ladies Wajib Tahu, Mengulik Sejarah dan Manfaat dari No Bra Day

Retno Wulandari | Sabtu, 12 Oct 2019 14:00 WIB
Ladies Wajib Tahu, Mengulik Sejarah dan Manfaat dari No Bra Day
caption
13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day. Peringatan hari tanpa bra ini menuai kontroversi karena dianggap tidak ada manfaatnya. Namun anggapan itu dibantah oleh Jeans-Denis Rouillon seorang professor dari Prancis, dalam penelitiannya menunjukkan adanya manfaat jika tidak mengenakan bra.

Sejarah No Bra Day


Foto: Istimewa

Kampanye ini pertama kali dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2011 lalu, kampanye ini mengajak seluruh wanita agar tidak mengenakan bra selama satu hari. Hal ini bertujuan sebagai bentuk dukungan kepada breast cancer survivor di seluruh dunia, karena penggunaan bra juga disebut-sebut sebagai salah satu pemicu kanker payudara.

Meskipun menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat, sejumlah selebriti, seperti Kendall Jenner, Rihanna, dan mantan anggota girl band f(x), Sulli, memutuskan tidak memakai bra setiap hari dengan alasan kesehatan pada payudara. Selain selebriti, beberapa wanita juga mengganti bra dengan brallette, jenis bra yang tidak menggunakan kawat dan cup.
 


Manfaat No Bra Day


Foto: Istimewa
Peringatan hari tanpa bra ini menuai kontroversi karena dianggap tidak ada manfaatnya. Namun anggapan itu dibantah oleh Jeans-Denis Rouillon seorang professor dari University of Besancon, Perancis, dalam penelitiannya menunjukkan adanya manfaat jika tidak mengenakan bra. Berikut manfaat tidak menggunakan bra dalam satu hari yang perlu kamu ketahui.

1. Menghindari Sakit Bahu


Foto: Istimewa

Tali bra yang melintang di bahu dapat membuat bahu terasa pegal, lho. Tidak hanya itu, tarikan tali bra yang terlalu kencang juga akan menghambat kinerja otot-otot bahu kamu, Ladies. Sejumlah penelitian mengatakan salah satu manfaat no bra day ialah terhindar dari rasa sakit pada bahu.
 


2. Otot Payudara Lebih Kencang


Bra dapat membuat otot-otot payudara menjadi lebih manja, karena adanya topangan dari cup dan tarikan tali bra itu sendiri. Dengan melepas atau tidak mengenakan bra, artinya kamu membantu mengembalikan kekuatan otot-otot pada payudara.
 



3. Mencegah Kanker


Foto: Istimewa

Salah satu alasan wanita meninggalkan penggunaan bra ialah untuk mencegah kanker payudara. Selain itu, penggunaan bra yang salah, seperti ukuran bra yang tidak sesuai dapat menghambat aliran darah kamu, Ladies.

No bra day dapat memberikan ruang untuk aliran darah kamu di payudara, sehingga aliran darah tidak terhambat dan tidak menimbulkan masalah. Faktor inilah yang kemudian membuat beberapa wanita berhenti menggunakan bra.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id