sign up SIGN UP

LIFE

Latte Art, Seni Melukis di Atas Secangkir Kopi

Asuna | Minggu, 12 Apr 2015 05:00 WIB
Latte Art, Seni Melukis di Atas Secangkir Kopi
caption
Minasan suka menyeruput kopi? Kini, menikmati secangkir kopi menjadi lebih menyenangkan dengan hadirnya Latte Art. Latte Art adalah seni melukis di atas foam kopi berbasis espresso. Seni menggambar di atas busa ini membutuhkan ketelitian tinggi karena membutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan latte. Saat ini, Latte Art telah berkembang dan banyak menghasilkan karya-karya yang indah dan juga unik. Penasaran? Yuk, simak ulasannya!

Latte Art


Membuat latte art membutuhkan kecermatan. Syarat penting dalam membuat latte art adalah latte (susu) yang dimasukkan haruslah dalam kondisi panas. Kondisi panas itulah yang menimbulkan foam (busa) yang bisa dikreasikan menjadi ilustrasi yang menarik. Minasan bisa menggambar latte art secara manual menggunakan tusuk gigi atau mesin khusus.
Foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Coffee_%28color%29
Foto: https://ultraspectra.com/?p=1772

2D Latte Art


Latte art dalam bentuk 2D dapat digambar secara manual ataupun mesin. Para pemula bisa menggambar bentuk sederhana dengan menuangkan latte perlahan-lahan membentuk suatu gambar sederhana. Di Jepang, latte art telah berkembang dengan banyaknya gambar anime yang dilukis secara manual. Selain itu, ada juga latte art yang bergambar manusia atau hewan yang mirip aslinya.Keren sekali ya!
Foto: https://www.pinterest.com/pin/312155817897506906/
Foto: https://www.pinterest.com/pin/425730970999175183/
Foto: https://weheartit.com/entry/29487565

Coloured Latte Art


Latte art kini dapat dinikmati dengan warna! Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh seniman Latte Art Jepang, Nowtoo Sugi. Dia menggunakan sirup sebagai pewarna dalam karya-karyanya. Minasan bisa melihat karya-karya Nowtoo Sugi yang unik, mulai dari Kartun Disney sampai karakter-karakter Anime Jepang.
Foto: https://www.walltowatch.com/view/32292/33+Examples+of+Color+Latte+Art
Foto: https://kotaku.com/nerdy-cafe-latte-art-is-more-amazing-in-color-508109758
Foto: https://www.femalemag.com.my/lifestyle/foods/latte-art-now-available-colour

3D Latte Art


3D latte art membutuhkan teknik tingkat tinggi dan kecepatan. Teknik ini menggunakan busa untuk kemudian dibentuk menjadi karakter yang kita inginkan. Setelah bentuknya sesuai keinginan, barulah kita menggambar detail-detail yang diperlukan dalam waktu cepat. Selain dapat dikerjakan dengan manual, 3D latte art juga bisa dikerjakan dengan mesin atau cetakan.
Foto: https://www.ana-cooljapan.com/contents/dreams/movie/3dlatte/INT13071015
Foto: https://www.ana-cooljapan.com/contents/dreams/movie/3dlatte/INT13071015
Foto: https://www.wired.com/2014/11/awa-taccino-latte-art-gun/

How to Make Latte Art


Yuk belajar cara membuat Latte Art!

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Wah, keren sekali ya Latte Art ini! Tertarik mencobanya, Minasan?
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id