sign up SIGN UP

LIFE

Liburan ke Jogja, Ini 5 Rekomendasi Oleh-Oleh yang Simple dan Ekonomis

Lifia Mawaddah | Sabtu, 21 Dec 2019 09:00 WIB
Liburan ke Jogja, Ini 5 Rekomendasi Oleh-Oleh yang Simple dan Ekonomis
caption
Jogja memang sering menjadi pilihan destinasi ketika ingin menikmati liburan. Banyak tempat-tempat rekreasi yang bisa dikunjungi untuk merefresh diri dari penatnya aktivitas sehari-hari. Nah, jika sedang jalan-jalan di Jogja, Beautynesia.id punya 5 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja untuk kamu berikan kepada teman maupun keluarga. Biar enggak bingung, yuk simak rangkumannya berikut ini!

Gudeg


Makanan ini sih memang terkenal banget khas Jogja. Nah, kamu bisa menjadikan makanan khas Jogja ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Agar enggak basi, kamu bisa membeli gudeg yang dijual dalam kemasan kaleng. Harganya juga enggak terlalu mahal kok. Memang di tiap toko yang menjual gudeg harganya akan bervariasi. Namun, rata-rata hanya Rp30.000 saja, kamu sudah bisa membawa pulang 1 porsi gudeg.


Foto: Istimewa


 


Pernak Pernik


Kalau sedang ke Jogja, rasanya enggak afdol kalau belum menyambangi pasar Malioboro. Di sana kamu bisa membeli oleh-oleh khas Jogja. Misalnya seperti gerabah, aksesoris seperti gelang-gelang atau kalung, serta kerajinan tangan berupa tas atau pajangan. Di pasar Malioboro pun kamu bisa menawar hangga sehingga kamu bisa membeli banyak buah tangan dengan budget rendah.



Foto: Istimewa


 


Bakpia


Makanan khas Jogja lainnya yang enggak kalah terkenal adalah bakpia. Bakpia pun kini sudah beraneka ragam. Ada bakpia kukus, bakpia kering, dan bakpia basah. Tapi, bakpia yang banyak dicari sekarang ini adalah bakpia kukus! Bentuknya seperti bolu dengan isi krim. Rasanya pun beraneka ragam. Nah, makanan yang satu ini bisa kamu jadikan rekomendasi oleh-oleh untuk kerabat juga nih, Beautynesian!


Foto: Istimewa


 


Yangko


Selain bakpia, kue-kue khas Jogja lainnya adalah Yangko. Kue yang satu ini memiliki tekstur kenyal dan lengket seperti kue mochi namun bentuknya kotak dan warnanya pun bermacam-macam. Kue ini bisa kamu beli perkotak sehingga bisa juga kamu jadikan oleh-oleh di kantor untuk dinikmati bersama-sama.


Foto: Istimewa


 


Tasuba


Jika daerah Semarang terkenal dengan tahu baksonya, Jogja juga memiliki tahu yang khas. Namanya adalah tasuba atau singkatan dari tahu susu bakso. Bentuknya memang mirip dengan tahu bakso khas Semarang. Tahu ini pun enggak menggunakan bahan pengawet. Namun jangan khawatir, tahu ini tetap mampu bertahan lama sekitar 6 bulan. Harganya pun berkisar Rp32.000 dengan isi 5 hingga 10 buah.


Foto: Istimewa
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id