sign up SIGN UP

LIFE

Liburan ke Korea Makin Nyaman Bagi Hijabers dengan Kunjungi Tempat Wisata Halal Ini

Riza Aningtyas | Rabu, 11 Dec 2019 13:15 WIB
Liburan ke Korea Makin Nyaman Bagi Hijabers dengan Kunjungi Tempat Wisata Halal Ini
caption
Ingin liburan ke Korea namun bingung dengan kulinernya yang kebanyakan enggak halal? Sekarang kamu enggak perlu khawatir karena pemerintah Korea sedang mengembangkan wisata halal, Ladies. Penasaran destinasi mana saja yang termasuk wisata halal di Korea? Yuk, simak rekomendasi berikut!

Lebih Dekat dengan Wisata Halal


Foto: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Seoul_central_mosque_02.jpg

Pada dasarnya, wisata halal hampir sama dengan wisata pada umumnya. Namun, dikemas agak berbeda karena wisata halal ditujukan bagi wisatawan Muslim. Wisata halal mengandung konsep segala sesuatu yang disyariatkan oleh ajaran Islam. Adapun konsep yang terkandung pada wisata halal yang telah diidentifikasi oleh 130 negara Muslim adalah sebagai berikut:

        
  1. Adanya layanan dan fasilitas wisata yang ramah muslim, seperti tersedianya kolam renang terpisah antara perempuan dan laki-laki.
  2.     
  3. Memberikan layanan yang layak saat wisatawan melakukan perjalanan wisata di bulan Ramadhan.
  4.     
  5. Wajib mencantumkan label nonhalal bagi makanan yang tidak boleh dimakan oleh wisatawan muslim.
  6.     
  7. Menyediakan makanan halal dan bebas alkohol.
  8.     
  9. Ada fasilitas ibadah dan peralatan salat.
  10.     
  11. Menyediakan kamar mandi yang dilengkapi dengan kran air untuk wudlu.
  12.     
  13. Kemudahan layanan visa dan komunikasi bagi wisatawan muslim.

 Saat ini, konsep wisata halal telah dikembangkan di beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Dubai – Uni Emirat Arab, Jepang, Turki, Maroko, Inggris dan Jerman.


5 Rekomendasi Wisata Halal di Korea


Foto: https://www.his-travel.co.id/

Meskipun penduduk Muslim di Korea termasuk minoritas, namun negeri Ginseng telah mengembangkan konsep wisata halal. So, bagi kamu yang Muslim, jika berencana liburan ke Korea tidak perlu khawatir lagi mencari wisata halal. Penasaran objek wisata mana saja di Korea yang mengembangkan konsep wisata halal? Berikut informasinya!


1.    Pulau Jeju (Jeju Island)


Foto: https://www.flickr.com/

Bagi penggemar K-Pop dan kosmetik Korea, tentunya sudah tidak asing dengan Jeju Island atau Pulau Jeju. Pulau ini masuk sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO lho, Ladies. Makin ramah wisatawan, pemerintah Korea Selatan mengembangkan konsep wisata halal di Pulau Jeju ini, sehingga cocok sekali bagi para hijabers yang ingin liburan ke Korea.
 
Penasaran, apa saja wisata halal di Korea yang bisa kamu nikmati? Berikut wisata halal yang bisa kamu nikmati di Pulau Jeju:

        
  • Ladang dan bukit emas bunga Canola warna kuning apalagi jika kamu liburan ke Korea saat musim semi tiba.
  •     
  • Dapat menikmati indahnya bunga Sakura tanpa harus ke Jepang.
  •     
  • Menyediakan wisata kuliner halal yaitu Boga Bahari.

2.    Pulau Nami (Nami Island)


Foto: https://id.pinterest.com/

Nah, bagi kamu penggemar K-drama, tentunya masih ingat dengan drama Korea yang berjudul Winter Soneta, kan? Perlu kamu tahu, lokasi wisata halal di Korea yang satu ini identik dengan K-drama tersebut, yaotu Nami Island atau Pulau Nami.
 
Sejak booming-nya K-drama tersebut, Pulau Nami dikenal sebagai pulau Winter Sonata yang ramah muslim. Hal tersebut karena di pulau ini sedangkan dikembangkan wisata muslim Korea Selatan.
 
Saat liburan ke Korea di Pulau Nami, kamu akan menemukan sepasang patung pemeran utama K-drama Winter Soneta. Patung tersebut hingga saat ini menjadi ikon pulau ini.
 
Selain itu, kamu juga dapat menikmati wisata kuliner halal yang ramah muslim, seperti menu Ayam Barbeque Restoran Hanok, Gapyeong. So, liburan ke Korea-mu dijamin seru.


3.    Itaewon Grand Mosque, Seoul


Foto: https://www.instagram.com/dianpelangi/

Tidak hanya di Indonesia dan Arab Saudi yang memiliki wisata religi, di Seoul – Korea Selatan pun memiliki wisata religi, yaitu Itaewon Grand Mosque atau populer juga dengan nama Seoul Central Mosque.
 
Itaewon Grand Mosque ini dibangun pada tahun 1974 dan merupakan masjid terbesar di Korea Selatan. Sejak diresmikannya masjid ini pada tahun 1976, banyak sekali umat Islam baik penduduk lokal maupun wisatawan asing yang salat di masjid ini.
 
Masjid ini menjadi sangat populer karena menjadi pusat syiar Islam di Korea. Sejak diresmikannya, Itaewon Grand Mosque telah menginspirasi berdirinya masjid lainnya.
 
Nah, bagi para hijabers yang akan liburan ke Korea, jangan lupa untuk singgah ke masjid ini karena kamu dapat mempelajari tradisi muslim Korea.
 
Selain itu, di kawasan masjid ini juga ada wisata kuliner halal yang patut kamu coba, seperti restoran cepat saji halal seperti The Halal Guys hingga aneka ragam masakan timur tengah dan ada juga kebab khas Turki.


4.    Gyeongbokgung Palace


Foto: https://www.instagram.com/dianpelangi/

Gyeongbokgung Palace adalah suatu istana tertua dan terbesar yang terletak di Korea Selatan. Istana ini dibangun pada masa kejayaan Dinasti Joeseon. Istana ini merupakan salah satu destinasi wisata halal di Korea. Jadi, cocok dijadikan destinasi liburan ke Korea untuk wisatawan muslim.

Di sini kamu dapat mengetahui kisah sejarah dan perkembangan dinasti di Korea Selatan. Kamu juga diperbolehkan mencoba pakaian adat Korea, yang bernama hanbok. Tentu saja para hijabers dapat mencoba pakaian adat Korea ini karena memang pakaian adat tersebut tertutup.


5.    Wisata Kuliner BBQ Halal Gangnam


Foto: https://id.pinterest.com/pin/310466968047259508/

Sejak diresmikannya wisata halal oleh beberapa negara di dunia, negeri para K-Pop ini tidak main-main membangun wisata halal di Korea. Salah satu destinasi wisata halal yang dikembangkan adalah wisata kuliner BBQ Halal Gangnam.
 
Wisata kuliner BBQ Halal Gangnam ini terletak di kawasan elit Kota Seoul. Banyak sekali kuliner halal yang ditawarkan untuk wisatawan muslim bahkan wisata kuliner ini juga menyajikan BBQ daging domba khas Korea yang mengunakan cerobong asap.
 
Nah, jika kamu penasaran dengan BBQ tersebut, kamu dapat mampir ke restoran yang ada di 15 Nonheyeon – 50 – 95 – gil, Yeoksam-dong, Gangnam. Di kawasan tersebut, kamu juga dapat membeli pakaian dan aksesori made in Korea Selatan.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id